Abstract:
Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini industri bisnis kuliner sedang marak
dijadikan peluang bisnis oleh banyak orang. Salah satu bidang industri kuliner yang sedang berkembang dan semakin meningkat jumlahnya yaitu industri restoran. Di
Kota Bandung sendiri, wilayah yang memiliki kunjungan terbanyak dari industri
kuliner restoran yaitu kawasan Dago hingga Dago Pakar. Dalam penelitian ini objek
yang dipilih merupakan salah satu restoran yang terletak di kawasan Dago Pakar
yaitu Skyline Best View Resto. Pemilihan dari objek ini berdasarkan hasil observasi dari penulis yang menemukan ulasan negatif dari konsumen Skyline Best View Resto di internet. Kemudian dari preliminary research yang telah dilakukan,
penulis juga menemukan 8 dari 10 responden yang sudah pernah datang dan
membeli produk dari Skyline Best View Resto tidak ingin berkunjung kembali ke
Skyline Best View Resto. Alasan responden tidak mau berkunjung kembali
dikarenakan service quality dan food quality yang dirasa kurang baik oleh
responden sehingga mempengaruhi niat beli ulang di Skyline Best View Resto.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi
konsumen atas service quality (X1) dan food quality (X2) yang berdampak terhadap
niat beli ulang (Y) dari konsumen Skyline Best View Resto. Penelitian ini
merupakan penelitian terapan applied research dengan menggunakan metode
pendekatan explanatory. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan mengumpulkan
data dengan menggunakan teknik judgement sampling. Dengan kriteria responden
yang pernah datang dan makan di Skyline Best View Resto minimal 1 kali dalam
satu tahun terakhir. Pengumpulan data yang didapatkan melalui penyebaran
kuesioner menggunakan Google Form. Data yang terkumpul dengan total 200
responden. Hasil dari data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik
analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS.
Berdasarkan dari hasil data yang telah diolah menggunakan IBM SPSS,
diketahui bahwa variabel service quality dan food quality berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen di Skyline Best View Resto sebesar 52.8%. Dari hasil yang
telah didapatkan, penulis menyimpulkan variabel dari service quality dan food
quality berpengaruh secara positif signifikan terhadap niat beli ulang konsumen
Skyline Best View Resto. Peneliti memberikan saran kepada Skyline Best View
Resto agar dapat memperhatikan dan meningkatkan lagi service quality dan food
quality yang diberikan kepada konsumen, agar dapat menjaga kesetiaan konsumen
dengan melakukan pembelian kembali di Skyline Best View Resto.