Abstract:
Pemasaran digital menurut Sanjaya & Tarigan (2009) dalam (Sasono dan Rahayu, 2022) kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media seperti blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial. Pada saat ini internet tidak hanya menghubungkan masyarakat dengan media digital, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi antar konsumen, memfasilitasi komunikasi dalam bentuk periklanan langsung ke pasar melalui dunia maya. Media sosial yang digunakan untuk kegiatan pemasaran salah satunya adalah TikTok. TikTok adalah platform untuk berbagi video pendek maupun video yang berdurasi hingga 3 menit dan juga untuk live streaming atau siaran secara langsung. Biasanya pemasaran digital yang dilakukan pada media sosial TikTok adalah konten promosi yang dibuat oleh content creator. Content creator bertugas untuk memberikan dampak kepada konsumen menggunakan media sosial dengan sosok aspirasional yang dimiliki oleh influencer atau content creator tersebut (Ananda & Wandebori, 2016; Ichwan & Irwansyah, 2021). Sehingga, dapat membuat produk kecantikan mulai menggunakan strategi content marketing. Untuk mengukur keberhasilan dari content creator terhadap niat beli produk Scarlett Whitening, maka perlu adanya pengukuran dari variabel attractiveness, trustworthiness, dan expertise, sera niat beli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh attractiveness, rustworthiness, dan expertise terhadap niat beli produk Scarlett Whitening di media sosial TikTok. Sehingga, penelitian ini mampu mengetahui teknik pemilihan content creator yang baik untuk mampu meningkatkan niat beli produk Scarlett Whitening di TikTok. Pada penelitian ini terdapat 105 responden yang sesuai dengan kriteria sampel. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS dan microsoft excel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa attractiveness, trustworthiness, dan expertise berpengaruh positif terhadap niat beli produk Scarlett Whitening di media sosial TikTok. Dan masing-masing variabel berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli produk Scarlett Whitening di media sosial TikTok.