Pengaruh content marketing terhadap customer engagement pada akun Instagram @hondaahassjabar

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Pranantyo, Daniel
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:55:55Z
dc.date.available 2023-10-20T02:55:55Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44003
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16393
dc.description 25065 - FE en_US
dc.description.abstract Di zaman modern ini sudah banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan, salah satunya yaitu sepeda motor. Sepeda motor yang beredar di masyarakat memiliki banyak jenis dan tipenya, salah satu pemain besar dalam industri sepeda motor adalah Honda. Honda dalam melakukan penjualan produk atau jasanya memanfaatkan teknologi untuk dapat memasarkan produknya, salah satunya adalah jasa service motor AHASS. Dengan akun Instagram @hondaahassjabar penulis melihat adanya fenomena content marketing yang di unggah pada akun Instagram yang dilakukan berbagai perusahaan di Indonesia untuk dapat memilki tingkat customer engagement yang tinggi. Berdasarkan hasil premliminary research pada akun Instagram @hondaahassjabar yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa 27 responden dari 33 responden mengaku bahwa dengan mengikuti Honda AHASS Jawa Barat tidak dapat mengetahui manfaat dari service motor, yang kemudian terjawab pada pertanyaan selanjutnya 21 dari 33 responden menjelaskan bahwa tidak mengikut informasi apa saja yang diunggah oleh Honda AHASS Jawa Barat, kemudian 23 responden dari 33 responden mengatakan bahwa konten yang diunggah tidak menarik perhatian para followers dan pembacanya sehingga tidak tertarik untuk memberikan likes dan comment. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat keraguan atas content marketing terhadap customer engagement pada akun Instagram @hondaahassjabar. Penulis memiliki tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh content marketing (X) beserta setiap dimensinya (Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuasion, Decision Making, dan Life Factors) terhadap customer engagement (Y) pada akun Instagram @hondaahassjabar. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode explanatory dan termasuk dalam penelitian crosssectional dan penelitian ini bersifat kuantitatif dalam proses pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria responden yaitu merupakan followers pada akun Instagram @hondaahassjabar dan pernah membaca Content Marketing pada akun Instagram @hondaahassjabar. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Setelah mengumpulkan total 206 responden, penulis menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan hasil bahwa dari kelima dimensi variabel content marketing yang terdiri dari dimensi reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factors, hanya dimensi reader cognition, sharing motivation, dan life factors yang memiliki pengaruh positif terhadap customer engagement dengan kontribusi sebesar 60,3%. Dimensi lainnya, yaitu persuasion dan decision making tidak berpengaruh secara positif atas customer engagement pada akun Instagram @hondaahassjabar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject content marketing en_US
dc.subject customer engagement en_US
dc.title Pengaruh content marketing terhadap customer engagement pada akun Instagram @hondaahassjabar en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901047
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account