Abstract:
Di zaman modern ini sudah banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan, salah
satunya yaitu sepeda motor. Sepeda motor yang beredar di masyarakat memiliki
banyak jenis dan tipenya, salah satu pemain besar dalam industri sepeda motor
adalah Honda. Honda dalam melakukan penjualan produk atau jasanya
memanfaatkan teknologi untuk dapat memasarkan produknya, salah satunya adalah
jasa service motor AHASS. Dengan akun Instagram @hondaahassjabar penulis
melihat adanya fenomena content marketing yang di unggah pada akun Instagram
yang dilakukan berbagai perusahaan di Indonesia untuk dapat memilki tingkat
customer engagement yang tinggi. Berdasarkan hasil premliminary research pada
akun Instagram @hondaahassjabar yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa 27
responden dari 33 responden mengaku bahwa dengan mengikuti Honda AHASS
Jawa Barat tidak dapat mengetahui manfaat dari service motor, yang kemudian
terjawab pada pertanyaan selanjutnya 21 dari 33 responden menjelaskan bahwa
tidak mengikut informasi apa saja yang diunggah oleh Honda AHASS Jawa Barat,
kemudian 23 responden dari 33 responden mengatakan bahwa konten yang
diunggah tidak menarik perhatian para followers dan pembacanya sehingga tidak
tertarik untuk memberikan likes dan comment. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat
keraguan atas content marketing terhadap customer engagement pada akun
Instagram @hondaahassjabar. Penulis memiliki tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh content marketing (X) beserta setiap dimensinya (Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuasion, Decision Making, dan Life Factors) terhadap customer engagement (Y) pada akun Instagram @hondaahassjabar. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode explanatory dan termasuk dalam penelitian crosssectional dan penelitian ini bersifat kuantitatif dalam proses pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan kriteria responden yaitu merupakan followers pada akun Instagram @hondaahassjabar dan pernah membaca Content Marketing pada akun Instagram @hondaahassjabar. Pengumpulan data dilakukan
dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Setelah mengumpulkan total
206 responden, penulis menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif
dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan hasil bahwa dari kelima dimensi variabel content marketing yang terdiri dari dimensi reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factors, hanya dimensi reader cognition, sharing motivation, dan life factors yang memiliki pengaruh positif terhadap customer engagement dengan kontribusi sebesar 60,3%. Dimensi lainnya, yaitu persuasion dan decision making tidak berpengaruh secara positif atas customer engagement pada akun Instagram @hondaahassjabar.