Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Vivo Smartphone di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Matthew, Ignatius
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:31:16Z
dc.date.available 2023-10-20T02:31:16Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44000
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16390
dc.description 25062 - FE en_US
dc.description.abstract Indonesia terus mengalami perkembangan dan percepatan digitalisasi yang ditandai dengan penggunaan teknologi serba digital di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, salah satu penggunaan teknologi di era digitalisasi masyarakat Indonesia dalam bidang komunikasi adalah ponsel cerdas atau smartphone. Vivo merupakan brand smartphone asal Tiongkok yang bermain di pasar smartphone Indonesia. Vivo merupakan vendor ponsel cerdas yang berada dibawah naungan BBK Electronics dan mulai memasuki pasar Indonesia pada tahun 2014. Seiring berjalannya waktu produsen smartphone Vivo terus memberikan banyak inovasi-inovasi pada produk smarpthone mereka. Namun sejak tahun 2021 hingga tahun 2022 Vivo mengalami penurunan pangsa pasar di pasar smartphone Indonesia, sehingga dapat dilihat bahwa terdapat penurunan minat beli dari pihak konsumen terhadap produk smartphone Vivo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk smartphone di Indonesia. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel brand image dan kualitas produk terhadap variabel minat beli penulis menggunakan jenis penelitian applied research dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Objek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah Vivo smartphone. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif yang berguna untuk melakukan interpretasi terhadap variabel brand image, kualitas produk dan minat beli konsumen terhadap smartphone Vivo di Indonesia. Pada saat mengumpulkan data, penulis menggunakan platform formulir elektronik Google Form dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang pernah dan sedang menggunakan smartphone dengan rentang usia responden dari 12 tahun hingga 60 tahun, berkewarganegaraan Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik multiple regression yang menjadi metode pengolahan data. Saat pengolahan data penulis dibantu dengan software SPSS agar mengetahui seberapa besar pengaruh pendapat masyarakat terhadap brand image dan kualitas produk dari smartphone Vivo. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh penulis, variabel dari brand image (X1) dan kualitas produk (X2) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel minat beli yang menjadi variabel Y karena memiliki nilai signifikansi yang dibawah 0.05 yaitu 0.001 maka hipotesis 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima. Berdasarkan nilai hasil uji t variabel brand image dan kualitas produk memiliki nilai t hitung sebesar 4.126 dan 3.396 dengan nilai t tabel sebesar 1.98847 sehingga nilai tvi hitung lebih besar dari nilai t tabel, sehingga jika terjadi peningkatan 1% pada variabel brand image dan kualitas produk maka peningkatan yang terjadi sebesar 0.659 dan 0.291 terhadap minat beli. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject BRAND IMAGE en_US
dc.subject kualitas produk en_US
dc.subject MINAT BELI KONSUMEN en_US
dc.subject Smartphone Vivo en_US
dc.title Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Vivo Smartphone di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901027
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account