Abstract:
Industri makanan dan minuman adalah industri yang selalu berkembang setiap
tahun. Hal tersebut terjadi karena adanya permintaan konsumen yang selalu
bertambah dan bervariasi. Makanan dan minuman juga merupakan kebutuhan pokok
manusia. December Coffee merupakan salah satu coffee shop dengan konsep outdoor
yang terletak di Tangerang dan sudah berdiri sejak 3 Desember 2020. Saat penulis
melakukan observasi di December Coffee, penulis menemukan fenomena yaitu
pengunjung sepi. Penulis pun melakukan preliminary research dan adanya masalah
mengenai niat beli ulang konsumen December Coffee yang rendah. Responden
mengatakan bahwa alasan mereka tidak ingin mengunjungi ulang December Coffee
dikarenakan lahan parkir yang sempit, kebersihan toilet kurang memadai, tata letak
kursi dan meja yang terlalu berdekatan. Selain itu, beberapa responden mengeluhkan
mengenai rasa dari makanan terlalu asin, makanan kurang segar, variasi menu yang
disediakan terbatas, dan tidak ada menu khusus untuk vegan . Oleh karena itu, penulis melihat terdapat dua hal yang dapat mempengaruhi niat beli ulang December Coffee yaitu store atmosphere dan food quality . Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas store atmosphere dan food quality terhadap niat beli ulang konsumen December Coffee.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis termasuk kedalam penelitian terapan
atau applied research dan menggunakan metode eksplanatif dan deskriptif. Penelitian
ini menggunakan total 100 sampel yang pernah membeli produk ataupun melakukan
kunjungan ke December Coffee. Untuk mencari data dari 100 sampel ini, penulis
menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat
pengaruh store atmosphere dan food quality terhadap niat beli ulang konsumen
December Coffee.