Analisis pengaruh brand trust terhadap niat pakai konsumen pada aplikasi transportasi online InDrive

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Rerimassie, Rakeysha Naristha Jaffasyafina
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:11:47Z
dc.date.available 2023-10-18T03:11:47Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43987
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16347
dc.description 25049 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring berjalannya perkembangan yang pesat dalam teknologi, banyak bermunculan inovasi baru terutama di bidang transportasi yakni transportasi berbasis online. Menyadari pentingnya transportasi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dan adanya tren baru, membuka peluang baru untuk para pelaku bisnis untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dengan memberikan solusi yaitu transportasi berbasis aplikasi. InDrive sebagai salah satu aplikasi transportasi online di Indonesia merupakan aplikasi yang memiliki tarif yang cukup rendah dibandingkan dengan aplikasi lainnya. InDrive memiliki unique selling point yaitu penumpang bebas memasang harga sesuai yang mereka mau. Selain itu, penumpang juga dapat memilih driver serta kendaraan mana yang mereka ingin. Berdasarkan preliminary research berupa wawancara kepada 18 orang narasumber yang menggunakan transportasi online sebagai alat transportasinya sehari-hari, sebanyak 13 orang dari 18 narasumber tidak memiliki niat menggunakan aplikasi transportasi online InDrive. Hal ini terjadi dikarenakan narasumber merasa kurang percaya dengan merek InDrive. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust (brand reliability dan brand intention) terhadap niat pakai aplikasi transportasi online InDrive. Penelitian ini adalah bentuk penelitian terapan dengan menggunakan metode penelitian eksplanatori. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 185 responden dengan medium google form. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kedua dimensi brand trust, yaitu kepercayaan pada keandalan merek (brand reliability) dan tujuan merek (brand intention), memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat penggunaan aplikasi transportasi online InDrive. Kedua dimensi ini memberikan kontribusi sebesar 78,4% terhadap niat penggunaan tersebut. Sisanya, yaitu sebesar 21,6%, merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak dapat diidentifikasi dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject BRAND TRUST en_US
dc.subject Niat pakai en_US
dc.subject aplikasi transportasi online en_US
dc.subject InDrive en_US
dc.title Analisis pengaruh brand trust terhadap niat pakai konsumen pada aplikasi transportasi online InDrive en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801067
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account