Abstract:
Dari tahun ke tahun fashion terus berkembang terutama fashion berbahan kulit merupakan salah satu tren yang saat ini sedang digemari banyak kalangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis business plan TUKIJO. Produk TUKIJO adalah produk tas multifungsi yang berbahan dasar kulit. Analisis yang penulis gunakan adalah analisis eksternal dan analisis internal. Analisis eksternal berisi tentang analisis PEST dan 5 forces analysis dan analisis internal berisi tentang berisikan tentang aspek pemasaran, bauran pemasaran (4P), STP, aspek keuangan dan akuntansi, aspek sumber daya manusia, aspek operasi, dan aspek sistem informasi. Hasil penelitian tersebut dilanjutkan dengan analisis SWOT dan analisis business model canvas.
Berdasarkan hasil analisis dari SWOT dan BMC, bisnis ini layak untuk dijalankan karena persaingan pasar yang masih sedikit dan basil perhitungan payback perode, IRR, NPV, dan BEP menunjukan hasil yang positif dan bisnis ini dapat dijalankan karena hasil perhitungan tersebut berada dibawah batas normal yang telah ditentukan oleh pemilik.