Abstract:
Bagi perusahaan, kehadiran tantangan baru menciptakan strategi serbaguna untuk mempertahankan bisnis. Dengan mendukung hal tersebut, pemasaran strategis dapat diimplementasikan dengan perpaduan antara digital dan tradisional. Untuk mengimbangi perubahan teknologi yang digunakan pada produk kepercayaan konsumen, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pilihan yang dapat dipilih konsumen namun tetap diuntungkan. Halcyon adalah merek aksesori atau perhiasan asal Bandung yang menjual gelang, kalung, tali masker, dan perhiasan handphone. Berbeda dengan merek aksesoris pada umumnya, semua produk mereka dibuat seluruhnya dengan tangan, tanpa alat otomatis. Dalam menjual produknya, Halcyon berupaya menjangkau khalayak yang lebih luas baik secara online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan customer trust antara penjualan offline dan online di Toko Halcyon Handmade Jewelry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data berupa survei dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen dengan pembagian 50 konsumen online dan 50 konsumen offline. Hasil penelitian secara umum menggambarkan Customer Trust pada metode penjualan online lebih tinggi dari metode penjualan offline. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor Customer Trust pada metode penjualan online sebesar 83,10, sedangkan pada metode penjualan offline sebesar 79,40.