Abstract:
Pada era globalisasi ini banyak terjadi kemajuan di segala bidang, termasuk
bisnis kuliner. Bisnis kuliner yang saat ini sedang ramai dikunjungi salah satunya adalah Mie Gacoan. Banyak berita-berita tersebar di media sosial memperlihatkan kepadatan di cabang-cabang Mie Gacoan, karena Mie Gacoan memang terkenal dengan antriannya yang selalu panjang. Dikupas oleh beberapa akun Instagram dan Twitter, bahwa hal tersebut dilakukan untuk menumbukan rasa penasaran atau membuat orang menjadi FoMO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Fear of Missing Out terhadap keputusan pembelian pada konsumen Mie Gacoan cabang Kota Bandung. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 113 responden, dimana yang menjadi sampel adalah sebanyak 106 responden dengan menggunakan skala Likert. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini yaitu variabel Fear of Missing Out (X) dan variabel keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan model regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Fear of missing out berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen Mie Gacoan cabang Kota Bandung sebesar 33,2%. Hasil uji korelasi juga menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,576, artinya memiliki hubungan yang sedang. Nilai koefisien tersebut juga menunjukkan hubungan bersifat positif. Persamaan regresi diperoleh Y = 32.991 + 0,693X. Hal ini berarti jika FoMO nilainya adalah 0, maka keputusan pembelian sebesar 32.991.
Nilai koefisien regresi variabel FoMO sebesar 0,693. Artinya bahwa setiap
peningkatan Fomo 1, maka tingkat keputusan pembelian juga akan meningkat
sebesar 0,693. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti merekomendasikan agar perusahaan dapat menciptakan sebuah inovasi baru untuk menumbuhkan rasa penasaran dan mendorong konsumen agar membagikan atau merekomendasikan Mie Gacoan kepada orang lain. Misalnya, dengan menyediakan Photobooth atau Videobooth 360 di setiap cabang secara gratis dengan menentukan minimal pembelian.