Abstract:
Pendidikan merupakan salah satu industri yang berkembang dinamis
dewasa ini. Kemajuan teknologi dan persaingan antar lembaga pendidikan
membuat setiap lembaga pendidikan, salah satunya universitas harus memiliki ciri khas yang membedakan untuk menarik calon mahasiswa. Bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan personal, dan hubungan masyarakat merupakan salah satu elemen pemasaran yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analitik untuk mendapatkan pemahaman dari calon mahasiswa yang akan memasuki jenjang kuliah terkait bauran promosi yang sudah dilakukan Universitas Katolik Parahyangan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan diperoleh 104 responden dengan metode convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang paling tinggi adalah pemasaran langsung karena siswa/i SMA mendapatkan informasi yang diinginkannya dengan mudah dan terpercaya dikarenakan menggunakan website resmi dengan tampilan yang menarik. Sementara itu, bauran pemasaran penjualan personal mendapatkan skor terendah karena tidak semua responden merupakan siswa/i SMA mitra UNPAR sehingga tidak semua responden dapat merasakan penjualan personal, selain itu juga dikarenakan informasi dan cara pemasaran yang diberikan dan lakukan masih belum memenuhi kebutuhan dari siswa/i SMA di Kota Bandung.