Abstract:
Fashion merupakan salah satu bidang mengalami kemajuan dan
perkembangan pesat dengan munculnya media sosial, e-commerce, trend pakaian
atau outfit of the day. Secara tidak langsung kemajuannya dan perkembangan
tersebut menjadikan persaingan di dalam industri fashion menjadi semakin ketat. Ketatnya persaingan industri tidak dijadikan menjadi penghalang bagi merek Erigo. Erigo merupakan merek pakaian lokal yang telah eksis berdiri sejak tahun 2013 dan bisa dikatakan menjadi merek pakaian lokal terpopuler hingga saat ini. Keberhasilannya tersebut tidak terlepas dari pemahaman akan motivasi konsumen yang mana dengan memahami motivasi tersebut suatu merek dapat memenuhi kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
Pada dasarnya konsumen didorong oleh dua motivasi dasar, yaitu motivasi
rasional yang mengedepankan pemikiran secara logis dan motivasi emosional yang mengedepankan perasaan atau emosi. Kedua motivasi ini akan dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumennya itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada 11 informan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa motivasi rasional dan
motivasi emosional berperan dalam keputusan pembelian. Namun motivasi rasional khususnya harga dan kualitas lebih berperan penting dalam keputusan pembelian dibandingkan dengan motivasi emosial.