Peranan perencanaan laba dalam meningkatkan laba usaha perusahaan "S" melalui penambahan produk baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Barlian, Inge
dc.contributor.author Sunarya, Cindy
dc.date.accessioned 2023-09-04T01:35:27Z
dc.date.available 2023-09-04T01:35:27Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43532
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15855
dc.description 24986 - FE en_US
dc.description.abstract Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia namun masih banyak UMKM yang belum mengerti mengenai penggunaan dan pentingnya laporan keuangan bagi usaha mereka terlebih dalam mencapai tujuan perusahaan. Pada dasarnya tujuan dari sebuah usaha yaitu mendapatkan keuntungan atau laba, untuk dapat meningkatkan laba maka perusahaan dapat melakukan perencanaan keuangan yang didalamnya terdapat perencanaan laba. Perusahaan yang dijadikan sebagai objek penelitian yaitu Perusahaan “S”, perusahaan yang memiliki berfokus pada sortir karet. Berdasarkan laporan laba rugi perusahaan tahun 2018 - 2021, kita dapat mengetahui bahwa penjualan perusahaan mengalami peningkatan dari tahun 2018 - 2020 dan mengalami penurunan pada tahun 2021 sedangkan laba bersih perusahaan mengalami penurunan yang cukup besar pada tahun 2019 namun meningkat kembali pada tahun 2020 dan 2021. Tujuan utama dari sebuah usaha yaitu menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin sama halnya dengan perusahaan “S” yang ingin meningkatkan penjualannya sehingga laba perusahaan dapat meningkat juga di masa yang akan datang maka dari itu perlu dilakukan alternatif pengembangan usaha yaitu penambahan produk baru yang kemudian dibuat perencanaan laba dalam bentuk laporan pro forma serta dievaluasi untuk mengetahui penambahan produk baru yang ditambahkan berhasil atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan applied research yang bertujuan untuk mengumpulkan, menjelaskan atau memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti yang kemudian diambil kesimpulan serta saran. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer berupa wawancara dan observasi serta data sekunder berupa data laporan keuangan, buku, dan internet. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perusahaan “S” dapat meningkatkan penjualan dan laba bersih melalui penambahan produk baru yaitu Standard Indonesia Rubber (SIR) 20. Pada laporan neraca pro forma dapat terlihat bahwa alternatif penambahan produk baru memiliki kelebihan dana dimana dana tersebut merupakan dana dari internal dan dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan usaha. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject pro forma en_US
dc.subject PERENCANAAN LABA en_US
dc.title Peranan perencanaan laba dalam meningkatkan laba usaha perusahaan "S" melalui penambahan produk baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901094
dc.identifier.nidn/nidk NUPN9990373192
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account