Pemilihan pemasok menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) pada PT. Gizitatapangan Sejahtera

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fitriani, Katlea
dc.contributor.author Angelina, Clarissa
dc.date.accessioned 2023-09-04T01:29:26Z
dc.date.available 2023-09-04T01:29:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43530
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15853
dc.description 24984 - FE en_US
dc.description.abstract PT. Gizitatapangan Sejahtera (Gizitas) merupakan perusahaan industri manufaktur dan berfokus pada produk utamanya yaitu coklat dan wafercone. Di masa pandemi, perusahaan mengalami penurunan penjualan sehingga membuat perusahaan harus menekan biaya operasional perusahaan dengan mengurangi produksi yang berdampak pada pemutusan hubungan dengan beberapa pemasoknya. Seiring dengan pemulihan perekonomian, perusahaan ingin meningkatkan kembali produksinya dan membutuhkan penambahan pemasok. Namun, perusahaan belum memiliki metode evaluasi pemasok yang terstruktur sehingga mengalami kesulitan dalam menentukan pemasok yang terbaik untuk perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria yang perlu diperhitungkan dalam pemilihan pemasok dan mengetahui pemasok yang terbaik untuk bekerjasama dengan PT. Gizitatapangan Sejahtera. Dalam mengolah data, penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Analytical Process (FAHP) yang merupakan metode perkembangan dari metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Fuzzy AHP dianggap lebih baik daripada AHP dalam mendeskripsikan keputusan yang mempunyai ketidakpastian lebih tinggi atau samar-samar. Pada penelitian ini penulis mendapatkan data melalui wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil wawancara, perusahaan diketahui memiliki beberapa masalah dalam pemasok bahan baku sehingga perusahaan perlu memperlakukan setiap pemasoknya sesuai dengan karakter masing-masing. Beberapa masalah dalam memasok bahan baku tersebut dihadapi oleh perusahan seperti barang yang datang tidak sesuai standar, banyaknya barang rusak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penelitian ini mengacu pada enam kriteria, yaitu Quality, Cost, Delivery, Service, Long-term Relationship, dan Flexibility. Penggunaan metode FAHP dalam memilih pemasok pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu melakukan wawancara untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan, dan mengolah data menggunakan Fuzzy AHP. Tahapan selanjutnya adalah melakukan matriks perbandingan berpasangan, menghitung konsistensi, fuzzifikasi, menghitung derajat kemungkinan, normalisasi bobot vektor setiap kriteria, dan terakhir menganalisis pengolahan data sehingga mendapatkan urutan kriteria yang menjadi prioritas bagi perusahaan untuk menemukan pemasok yang paling berpotensi hingga tidak berpotensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria Quality dan Cost merupakan kriteria yang paling penting bagi perusahaan dalam pemilihan pemasok. Selain itu, hasil perhitungan menunjukkan bahwa pemasok D adalah prioritas utama PT. Gizitatapangan Sejahtera dalam melakukan kerja sama. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Pemilihan pemasok menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) pada PT. Gizitatapangan Sejahtera en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901092
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404059002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account