Pengaruh online customer review terhadap purchase intention produk fashion pada marketplace Shopee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Herianto, Febriana Michelle
dc.date.accessioned 2023-09-01T05:40:17Z
dc.date.available 2023-09-01T05:40:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43529
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15852
dc.description 24983 - FE en_US
dc.description.abstract Penggunaan internet telah mengubah rutinitas dan aktivitas sehari-hari secara signifikan bagi sebagian besar penduduk, termasuk perubahan konsumen yang sudah mulai bertransaksi bisnis secara online di marketplace termasuk Shopee. Shopee merupakan platform belanja fashion nomor 1 menurut survei yang dilakukan oleh Markplus tahun 2020. Produk fashion merupakan produk beresiko tinggi karena tidak dapat dievaluasi secara fisik, maka online customer review dari konsumen yang sebelumnya telah melakukan pembelian akan dipertimbangkan dalam mempengaruhi purchase intention (niat beli) di masa mendatang. Hal ini selaras dengan hasil preliminary research yang telah dilakukan kepada 25 responden dengan hasil bahwa online customer review sangat penting. Peneliti juga melihat gejala yang terjadi pada beberapa toko yaitu toko yang memiliki online customer review sedikit memiliki pendapatan yang sedikit. Begitupun sebaliknya toko yang memiliki online customer review banyak, memiliki pendapatan yang banyak juga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara online custumer review terdiri dari dimensi Awareness, Frequency, Comparison, dan Effect terhadap Purchase Intention produk fashion pada marketplace Shopee. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan penelitian terapan yang menggunakan teknik eksplanatif. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode survei dimana 100 responden diberikan kuesioner dalam bentuk Google Form. Teknik sampelnya yaitu dengan teknik purposive sampling dengan kriterianya yaitu orang yang pernah berbelanja produk fashion pada marketplace Shopee. Pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis linear berganda dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, ditemukan bahwa persepsi konsumen memiliki interpretasi sangat baik atas dimensi Awareness, Frequency, Comparison, dan Effect. Selanjutnya untuk Purchase Intention juga memiliki interpretasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa online customer review dimensi Awareness dan Effect memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk fashion pada marketplace Shopee dengan kontribusi 54,2%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject fashion en_US
dc.subject purchase intention en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.subject online costumer review en_US
dc.title Pengaruh online customer review terhadap purchase intention produk fashion pada marketplace Shopee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901084
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account