Abstract:
Penggunaan internet telah mengubah rutinitas dan aktivitas sehari-hari secara signifikan bagi sebagian besar penduduk, termasuk perubahan konsumen yang sudah mulai bertransaksi bisnis secara online di marketplace termasuk Shopee. Shopee merupakan platform belanja fashion nomor 1 menurut survei yang dilakukan oleh Markplus tahun 2020. Produk fashion merupakan produk beresiko tinggi karena tidak dapat dievaluasi secara fisik, maka online customer review dari konsumen yang sebelumnya telah melakukan pembelian akan dipertimbangkan dalam mempengaruhi purchase intention (niat beli) di masa mendatang. Hal ini
selaras dengan hasil preliminary research yang telah dilakukan kepada 25 responden dengan hasil bahwa online customer review sangat penting. Peneliti juga melihat gejala yang terjadi pada beberapa toko yaitu toko yang memiliki online customer review sedikit memiliki pendapatan yang sedikit. Begitupun sebaliknya
toko yang memiliki online customer review banyak, memiliki pendapatan yang banyak juga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara online custumer review terdiri dari dimensi Awareness, Frequency, Comparison, dan Effect terhadap
Purchase Intention produk fashion pada marketplace Shopee. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan penelitian terapan yang menggunakan teknik eksplanatif. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode survei dimana 100 responden diberikan kuesioner dalam bentuk Google Form. Teknik sampelnya yaitu dengan teknik purposive sampling dengan kriterianya yaitu orang yang pernah berbelanja produk fashion pada marketplace Shopee. Pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis linear berganda dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis deskriptif,
ditemukan bahwa persepsi konsumen memiliki interpretasi sangat baik atas dimensi Awareness, Frequency, Comparison, dan Effect. Selanjutnya untuk Purchase Intention juga memiliki interpretasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa online customer review dimensi Awareness dan Effect memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk fashion pada marketplace Shopee dengan kontribusi 54,2%.