Abstract:
Di zaman sekarang ini, dimana perkembangan teknologi dan penggunaan internet bertumbuh secara pesat membuat mayoritas orang yang menggunakan internet pasti memiliki media sosial dan mengoperasikannya setiap hari. Media sosial membuat mayoritas orang ingin tampil sempurna karena tuntutan masyarakat terhadap
penampilan seseorang, standar kecantikan seseorang di saat ini ditandai dengan kulit yang putih dan bersih. Hal ini membuat industri kecantikan di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.
Dalam industri kecantikan di Indonesia, brand Somethinc mampu mendapatkan atensi yang besar dalam jangka waktu yang singkat dari masyarakat. Somethinc, yang didirikan oleh Irene Ursula memulai bisnisnya dengan mengeluarkan lini produk skincare pada tahun 2019 dan memanfaatkan influencer untuk mengiklankan
produknya mampu mendapatkan sales yang tinggi pula dan menjadi salah satu skincare lokal yang terkenal di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah advertising di media sosial Instagram menggunakan influencer yang dilakukan berpengaruh terhadap brand awareness Somethinc. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, dengan populasi orang yang pernah melihat kegiatan advertising yang dilakukan oleh influencer dalam mempromosikan produk Somethinc dengan jumlah 100 responden dan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling. Hasil dari analisis regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh signifikan dari advertising di media sosial Instagram menggunakan influencer terhadap brand awareness Somethinc. Melalui hasil yang didapatkan, dapat dikatakan bahwa kegiatan advertising di media sosial Instagram menggunakan influencer yang dilakukan Somethinc sudah baik karena hanya dari satu komponen promotion mix, berpengaruh sebesar 19,6% terhadap brand awareness Somethinc. Hal ini dapat menjadi pertimbangan agar Somethinc dapat terus mempertahankan cara advertising ini dan bahkan meningkatkannya.