Abstract:
Pandemi COVID-19 merubah kebiasaan masyarakat, sebelumnya lebih senang untuk melakukan segala sesuatu secara langsung atau tatap muka. Tetapi seiring berjalannya waktu, masyarakat sudah terbiasa dengan kehidupan praktis dengan online. Pada saat
pandemi COVID-19 membuat penggunaan internet semakin meningkat, hal ini juga membuat layanan pesan antar di Indonesia pun meningkat. Shopee yang merupakan platform e - commerce nomor 1 di Indonesia pada tahun 2022 ikut melebarkan sayap dengan memulai bisnis layanan pesan antar makanan atau dapat disebut Shopee Food. Berdasarkan hasil preliminary research yang didapatkan oleh penulis, mayoritas dari 12 responden menilai untuk tidak melakukan repurchase intentions fitur Shopee Food dengan beberapa alasan. Dari beberapa alasan yang disebutkan responden, permasalahan tersebut mengarah pada user experience Shopee Food. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari user experience (value, adoptability, desirability, dan usability) terhadap repurchase intentions fitur Shopee Food.
Jenis penelitian ini yaitu applied research dengan metode explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, observasi, wawancara dan juga penyebaran kuesioner kepada 204 responden dengan menggunakan google form. Setelah
data terkumpul, penulis melakukan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS.
Setelah pengolahan data, penulis mendapatkan hasil bahwa tiga dimensi dari variabel user experience berpengaruh signifikan pada repurchase intentions Shopee Food. Dimensi tersebut adalah adoptability, desirability, dan usability. Terdapat satu dimensi
lagi, yaitu dimensi value yang tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intentions fitur Shopee Food.