Abstract:
Adanya persaingan yang kompetitif di industri kosmetik dan perawatan pribadi menyebabkan suatu merek harus dapat menawarkan kualitas produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, agar konsumen tidak berpindah ke produk lain. Love Beauty and Planet merupakan suatu merek perawatan pribadi yang diluncurkan pada tahun 2018 menawarkan berbagai produk perawatan diri, dimana produk utamanya yaitu shampoo. Berdasarkan hasil preliminary research pada 15 responden yang pernah memakai shampoo Love Beauty and Planet, sejumlah 11 dari 15 responden tersebut tidak berniat untuk membeli ulang produk. Hasil menunjukkan bahwa responden menilai kualitas produk yang ditawarkan oleh shampoo Love Beauty and Planet masih kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap niat beli ulang konsumen pada shampoo Love Beauty and Planet.
Dimana variabel X dalam penelitian ini yaitu dimensi kualitas produk (performance, feature, reliability, conformance to specification, durability, aesthetics, perceived quality)
dan variabel Y dalam penelitian ini yaitu niat beli ulang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan eksplanatori, dengan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah regresi linear berganda. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang pernah memakai shampoo Love Beauty and Planet setidaknya satu kali. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan data
primer (kuesioner, wawancara) dan data sekunder (observasi melalui internet/ website, jurnal, buku). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa
performance dinilai buruk, feature dinilai cukup, reliability dinilai baik, conformance to specification dinilai cukup, durability dinilai baik, aesthetics dinilai cukup, dan perceived
quality dinilai cukup yang berdampak pada niat beli ulang shampoo Love Beauty and Planet tergolong rendah. Hasil dari analisis linear berganda menunjukkan bahwa lima dari
tujuh dimensi yaitu performance, feature, conformance to specification, aesthetics, dan perceived quality berpengaruh positif secara parsial terhadap niat beli ulang konsumen
pada shampoo Love Beauty and Planet. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, kualitas produk shampoo Love Beauty and Planet berpengaruh sebesar 87,8% terhadap niat beli ulang konsumen dan sebesar 12,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.