Evaluasi pemasok tanah liat menggunakan the Analytic Hierarchy Process (AHP) pada PT. Semesta Keramika Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulungbudi, Brigita Meylianti
dc.contributor.author Susanto, Cornelius Kenneth
dc.date.accessioned 2023-09-01T03:20:49Z
dc.date.available 2023-09-01T03:20:49Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43522
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15845
dc.description 24976 - FE en_US
dc.description.abstract Di sebuah sistem rantai pasokan, pemasok adalah salah satu komponen penting dalam perusahaan yang mempengaruhi proses bisnis. Pengambilan keputusan terkait pemasok harus diperhatikan secara terstruktur agar bisa meningkatkan keuntungan yang timbal balik. PT Semesta Keramika Raya merupakan salah satu pabrik pembuatan keramik tableware di Bogor, harus bisa meningkatkan daya saing dengan memastikan proses produksi keramik dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan meningkatkan kinerja pemasok. Oleh karena itu, peneliti melakukan evaluasi terhadap pemasok dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) sebagai alat bantu. Dalam proses produksi, tidak semua bahan baku dapat diperlakukan sama. Peneliti menggunakan Kraljic Matrix untuk mengetahui bahan baku mana yang berada pada kuadran strategic items. Bahan baku yang masuk adalah tanah liat. Kemudian dalam menentukan skala prioritas pemasok tanah liat berdasarkan nilai kuantitatif, peneliti menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan kriteria harga, pengiriman, kualitas, fleksibilitas, responsif yang masing-masing memiliki beberapa sub kriteria. Pada proses penelitian, penelitian ini berdasarkan hasil rangkaian wawancara kepada Production Head dari PT Semesta Keramika Raya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Kriteria yang dibutuhkan PT Semesta Keramika Raya adalah harga, pengiriman, kualitas, fleksibilitas, dan responsif. (2) Kriteria yang paling penting untuk PT Semesta Keramika Raya adalah harga memiliki nilai tertinggi, urutan kedua adalah pengiriman, urutan ketiga adalah kualitas, urutan keempat adalah kriteria responsif, dan urutan terakhir adalah fleksibilitas. (3) Pemasok tanah liat yang memiliki nilai tertinggi adalah Pemasok 1: CV Adi Cipta, urutan kedua adalah Pemasok 2: PT Vivi Jaya, dan urutan terakhir adalah Pemasok 3: CV. Sinar Sejahtera. (4) Setiap pemasok memiliki kriteria dan subkriteria yang masih bisa ditingkatkan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject analytic hierarchy process (AHP) en_US
dc.subject manajemen rantai pasokan en_US
dc.subject Evaluasi Pemasok en_US
dc.title Evaluasi pemasok tanah liat menggunakan the Analytic Hierarchy Process (AHP) pada PT. Semesta Keramika Raya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901056
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account