Pengaruh persepsi konsumen atas brand image dan store atmosphere terhadap niat berkunjung ulang Baywalk Mall Pluit

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Alexsandra, Rico
dc.date.accessioned 2023-08-30T03:23:48Z
dc.date.available 2023-08-30T03:23:48Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43511
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15833
dc.description 24965 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan – Keberadaan mal atau pusat perbelanjaan di kota besar seperti Jakarta, dapat dengan mudah ditemukan. Banyaknya pusat perbelanjaan yang tersebar pada suatu wilayah, tentunya mengakibatkan persaingan ketat oleh para developer pusat perbelanjaan dalam hal memperebutkan konsumen. Baywalk Mall Pluit adalah salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang didirikan pada tahun 2013, tepatnya di daerah Pluit, Jakarta Utara. Eksistensi Baywalk Mall Pluit cukup dikenal masyarakat Jakarta dan sekitarnya oleh karena mal tersebut merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang dibangun menghadap ke wilayah Laut Utara Jakarta. Dengan kelebihan berupa diferensiasi tersebut, tentunya Baywalk Mall Pluit dapat menarik niat konsumen untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Namun dengan nilai investasi yang mencapai angka satu triliun rupiah, dari hasil observasi langsung penulis menemukan bahwa popularitas Baywalk Mall kini seolah padam dengan jumlah kunjungan yang sepi, terlebih di era pasca pandemi Covid-19 ini. Dari fenomena tersebut, penulis menemukan masalah berdasarkan hasil preliminary research bahwa sepinya pengunjung Baywalk Mall Pluit didasari pada kurang jelasnya citra perusahaan terkait pemenuhan kebutuhan apa yang bisa terpenuhi di benak konsumen ketika mengunjungi mal tersebut, serta suasana mal yang dinilai sunyi. Tujuan penelitian – Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen pada brand image dan store atmosphere serta mengetahui niat berkunjung ulang konsumen Baywalk Mall Pluit, dan mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas brand image (X1) dan store atmosphere (X2) terhadap niat berkunjung ulang (Y) konsumen pada Baywalk Mall Pluit. Metodologi penelitian – Penelitian ini termasuk ke dalam applied research yang menggunakan metode deskriptif dan explanatory. Di mana, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Dalam segi penetapan sampel, penulis menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria responden berupa orang yang bertempat tinggal di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya yang pernah mengunjungi Baywalk Mall Pluit. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebesar 200 orang. Data kuesioner yang didapatkan pada penelitian ini diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 26. Hasil dan kesimpulan – Berdasarkan hasil analisis deskriptif penulis di dalam penelitian ini, dari hasil rata-rata jawaban didapatkan hasil bahwa persepsi konsumen pada brand image dan store atmosphere Baywalk Mall Pluit dinilai biasabiasa saja. Di mana, hasil jawaban dari 2 (dua) variabel independen tersebut mengakibatkan niat berkunjung ulang konsumen yang rendah. Pada hasil analisis regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa variabel independen brand image (X1) dan store atmosphere (X2) berpengaruh positif secara signifikan terhadap niat berkunjung ulang (Y) konsumen pada Baywalk Mall Pluit. Dengan hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan bahwa pengaruh variabel independen brand image (X1) dan store atmosphere (X2) terhadap niat berkunjung ulang (Y) dalam penelitian ini adalah sebesar 51,6%, di mana sisanya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject BRAND IMAGE en_US
dc.subject store atmosphere en_US
dc.subject niat berkunjung ulang en_US
dc.subject Baywalk Mall Pluit en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas brand image dan store atmosphere terhadap niat berkunjung ulang Baywalk Mall Pluit en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901011
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account