Analisis pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) dalam Instagram terhadap niat beli produk FitFuel

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Jaya, Fabian Dwiputra
dc.date.accessioned 2023-08-30T01:48:17Z
dc.date.available 2023-08-30T01:48:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43502
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15824
dc.description 24956 - FE en_US
dc.description.abstract Pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi ini membuat internet menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh semua orang untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dapat digunakan oleh para pelaku UMKM dalam upaya memasarkan produknya dengan mudah secara online. FitFuel merupakan salah satu UMKM yang memasarkan produknya di Instagram untuk pemasaran secara online, dengan menggunakan eWOM sebagai teknik pemasarannya. Dalam preliminary research yang dilakukan diketahui bahwa Instagram story yang berisi testimoni dari orang lain dalam Instagram FitFuel membuat konsumen berniat untuk membeli produk FitFuel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel Electronic Word of Mouth (X) dalam Instagram terhadap Niat Beli (Y) produk FitFuel. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 104 responden yang pernah membeli produk FitFuel dan mem-follow Instagram FitFuel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil dari pengujian dan pengolahan data, ditemukan bahwa dalam uji f variabel eWOM (Intensity,Valence Of Opinion,Content) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel niat beli. Namun dalam uji t hanya dimensi Intensity dan Valence Of Opinion yang berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli, sedangkan dimensi Content tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. Diketahui juga dalam uji koefisien determinasi (R²), bahwa variabel independen (eWOM) memiliki pengaruh sebanyak 20,1% terhadap variabel dependen (niat beli). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject electronic word of mouth en_US
dc.subject instagram en_US
dc.title Analisis pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) dalam Instagram terhadap niat beli produk FitFuel en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801199
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account