Abstract:
Pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi ini membuat internet menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh semua orang untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dapat digunakan oleh para pelaku UMKM dalam upaya memasarkan produknya dengan mudah
secara online. FitFuel merupakan salah satu UMKM yang memasarkan produknya di Instagram untuk pemasaran secara online, dengan menggunakan eWOM sebagai teknik pemasarannya. Dalam preliminary research yang dilakukan diketahui bahwa Instagram story yang berisi testimoni dari orang lain dalam Instagram FitFuel membuat konsumen berniat untuk membeli produk FitFuel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel
Electronic Word of Mouth (X) dalam Instagram terhadap Niat Beli (Y) produk FitFuel. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 104 responden yang pernah membeli produk FitFuel dan mem-follow Instagram FitFuel
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil dari pengujian dan pengolahan data, ditemukan bahwa dalam uji f variabel eWOM (Intensity,Valence Of Opinion,Content) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel niat beli. Namun dalam uji t hanya dimensi Intensity dan
Valence Of Opinion yang berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli, sedangkan dimensi Content tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. Diketahui juga dalam uji koefisien determinasi (R²), bahwa variabel independen (eWOM) memiliki
pengaruh sebanyak 20,1% terhadap variabel dependen (niat beli).