Abstract:
Pendahuluan – Coffee shop atau tempat kopi pada awalnya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dengan cepat. tetapi, dengan seiringnya dengan perkembangan dan banyaknya minat dari konsumen yang semakin meningkat dan tidak ada habisnya, membuat coffee shop telah berkembang. Salah satu coffee shop yang ada di Kota Bandung adalah Cups Coffee & Kitchen yang terletak di Jl.
Trunojoyo No.25. Cups Coffee & Kitchen telah beroperasi sejak 2011. Saat penulis melakukan observasi di Cups Coffee & Kitchen, penulis menemukan fenomena dimana Cups Coffee & Kitchen yaitu pengunjung yang sepi. Penulis pun melakukan preliminary research dan adanya masalah mengenai niat beli ulang konsumen Cups Coffee & Kitchen yang rendah. Responden mengatakan bahwa alasan mereka tidak ingin mengunjungi ulang Cups Coffee & Kitchen dikarenakan
sulitnya mendapatkan lahan parkir, tata letak meja yang terlalu berdekatan sehingga membuat responden sulit bergerak dan area merokok yang bercampur dengan area tidak merokok mengakibatkan konsumen merasa tidak nyaman. Selain itu, beberapa responden mengeluhkan mengenai rasa pada produk minuman kopi, minuman non-kopi, dan makanan yang memiliki rasa yang tidak konsisten. Oleh
karena itu, penulis melihat terdapat dua hal yang dapat mempengaruhi niat beli ulang Cups Coffee & Kitchen yaitu store atmosphere dan food quality. Tujuan – Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini, memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen atas store atmosphere (!!), persepsi konsumen atas
food quality (!"), niat beli ulang (Y) Cups Coffee & Kitchen, dan pengaruh persepsi konsumen atas store atmosphere (!!) dan food quality (!") terhadapp niat beli ulang konsumen Cups Coffe & Kitchen. Metodologi – Penelitian yang dilakukan oleh penulis termasuk kedalam penelitian terapan atau applied research dan menggunakan metode explanatory dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan total 200 sampel yang pernah membeli produk ataupun melakukan kunjungan ke Cups Coffee & Kitchen. Untuk mencari
data dari 200 sampel ini, penulis menyebarkan kuesioner. Teknik pengolahan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dan analis linear berganda.
Hasil dan kesimpulan – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, terdapat adanya pengaruh positif dari variabel independen yaitu store atmosphere (!!) dan food quality (!") terhadap niat beli ulang. Selain itu, hasil dari
analisa deskriptif menunjukan persepsi konsumen atas store atmosphere yang baik dan persepsi konsumen atas food quality yang baik. Tetapi, memiliki niat beli ulang yang sedang.