Analisis hubungan pembeli-pemasok pada industri fesyen busana muslim skala mikro dan kecil di kawasan Balubur Town Square

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.advisor Fitriani, Katlea
dc.contributor.author Joseph, Jeremmy
dc.date.accessioned 2023-08-30T01:12:21Z
dc.date.available 2023-08-30T01:12:21Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35459
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15820
dc.description 22930 - FE en_US
dc.description.abstract Industri kreatif menjadi salah satu sektor yang diharapkan dapat menjadi kekuatan baru ekonomi nasional di masa yang akan mendatang. Data menunjukkan bahwa salah satu sektor dalam industri kreatif, yaitu fesyen, merupakan sektor dengan angka kontribusi nomor dua terbesar dalam industri kreatif. Industri fesyen busana muslim menjadi salah satu industri yang berkembang di Kota Bandung, khususnya untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Salah satu lokasi pusat busana muslim di Bandung adalah Balubur Town Square (Baltos). Tingginya pertumbuhan UMK pada sektor fesyen busana muslim membuat pelaku usaha harus memerhatikan segala aspek yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan. Salah satu aspek paling penting dalam keberlangsungan perusahaan adalah supplier relationship management, yaitu suatu bidang kajian yang berfokus kepada hubungan interaktif dua arah antara perusahaan dan pemasoknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pembeli-pemasok menurut segmentasi pemasok (supplier segmentation) pada UMK fesyen busana muslim di kawasan Baltos. Supplier segmentation adalah suatu kegiatan melakukan klasifikasi pemasok berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu untuk mengetahui posisi pemasok di mata perusahaan, menciptakan keunggulan kompetitif, serta mengelola value di dalam perusahaan. Terdapat empat dimensi supplier segmentation menurut Svensson (2004), yaitu transactional, friendly, business partner, dan family. Dimensi transactional mengindikasikan bahwa komitmen yang dibangun antara perusahaan dengan pemasok rendah, sedangkan dimensi friendly menggambarkan pemasok dianggap sebagai mitra perusahaan. Dimensi business partner mengindikasikan perusahaan menilai pemasok sebagai pemimpin pasar, dan dimensi family mengindikasikan perusahaan dan pemasok yang berusaha menumbuhkan komitmen dan hubungan yang dalam di antara kedua belah pihak. Penelitian ini bersifat applied research, yaitu penelitian yang menerapkan teori yang ada pada suatu fenomena yang terjadi, serta menggunakan pendekatan bersifat deskriptif. Populasi di dalam penelitian ini berjumlah 98 pelaku usaha mikro dan kecil, sehingga penulis menetapkan sampel sebanyak 80 buah berdasarkan Table Sample Size for a Given Population Size. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan judgmental sampling dengan menetapkan kriteria utama gerai toko fesyen busana muslim berskala mikro dan kecil yang memiliki pemasok dan terletak di Baltos. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara garis besar hubungan pada segmentasi pemasok pada industri fesyen busana muslim di Baltos pada dimensi family dan business partner tergolong ke dalam kategori tinggi, tetapi pada dimensi transactional dan family tergolong ke dalam kategori sedang. Apabila diuraikan menurut usaha mikro dan kecil, maka usaha kecil memiliki rata-rata hitung dengan nilai yang lebih besar pada keempat dimensi yang ada jika dibandingkan dengan usaha mikro di Baltos, tetapi keduanya berada pada kategori yang sama untuk keempat dimensi yang ada, yaitu transactional (sedang), friendly (tinggi), business partner (tinggi), danfamily (tinggi). Untuk meningkatkan kualitas relasi pelaku usaha UMK di Baltos dengan pemasok masing-masing, maka pelaku usaha perlu mengurangi dan menghindari aspek dalam dimensi transactional serta meningkatkan aspek pada dimensi lain, terutama dimensi family. Secara khusus, bagi pelaku usaha mikro disarankan untuk melakukan perbaikan aspek-aspek yang ada pada dimensifriendly, business partner, dan family. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Hubungan Pembeli-Pemasok en_US
dc.subject Segmentasi Pemasok en_US
dc.subject UMK en_US
dc.title Analisis hubungan pembeli-pemasok pada industri fesyen busana muslim skala mikro dan kecil di kawasan Balubur Town Square en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120038
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404059002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account