Abstract:
INGCO Tools Indonesia merupakan perusahaan importir perkakas alat berat hingga ringan, salah satu produk yang dimiliki adalah CSLI1651 yaitu sebuah gergaji mesin dengan mata gergaji berbentuk lingkaran. Pada bulan Agustus 2021, penjualan online CSLI1651 berjumlah 45 unit dan pada bulan September 2021 terdapat penjualan sebanyak 268 unit, hal ini menjadi gejala masalah bagi penulis sehingga penulis melakukan penelitian pendahuluan dan menemukan bahwa yang berbeda pada bulan Agustus dan bulan September adalah kegiatan promosi yang dimiliki, sedangkan
harga, tempat penjualan, hingga spesifikasi produk yang dimiliki produk tersebut tidak ada yang berubah pada dua bulan tersebut. Pada bulan Agustus perusahaan menggunakan influencer dalam kegiatan promosinya untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bahan acuan untuk membuat strategi
pemasaran menggunakan influencer sehingga dapat meningkatkan penjualan Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data secara berperan serta dan juga mengobservasi kegiatan dan menganalisis kegiatan dan mereduksi agar sesuai dengan kebutuhan penelitian Kegiatan promosi berlangsung pada 14 September hingga 25 September 2021 dengan tahap pertama untuk menarik perhatian audiens dan juga meningkatkan pengetahuan tentang produk dan tahap kedua yaitu live streaming dengan influencer. Perusahaan bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan tema kegiatan promosi dan
memilih untuk menggunakan platform yang dimiliki oleh influencer untuk menarik pasar yang dimiliki oleh influencer. Perusahaan memilih target kegiatan promosi berdasarkan traffic yang biasanya dimiliki oleh akun sosial media perusahaan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan jasa influencer, perusahaan
dapat meningkatkan interaksi, pertambahan pengikut, dan juga menambahkan jangkauan akun yang melihat kegiatan promosi tersebut. Maka dari itu dengan menggunakan influencer audiens menjadi lebih yakin untuk melakukan pembelian CSLI1651 karena terdapat words of mouth dari panutan yang mereka percaya
sehingga membantu perusahaan untuk mencapai tahap konversi