Abstract:
Pemasok merupakan salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu
perusahaan. Sayangnya, Restoran Sangdan Korean BBQ tidak merasa puas dengan
kinerja pemasok dagingnya. Restoran ini memiliki tiga pemasok yang memasok daging
sebagai bahan utama. Setiap pemasok memiliki kelebihan dan kekurangan atas
pasokannya. Seperti diketahui, kinerja pemasok yang baik mempengaruhi kinerja
perusahaan. Oleh karena itu, evaluasi pemasok perlu dilakukan sebagai dasar peningkatan
kinerja pemasok yang sejalan dengan tujuan strategis perusahaan.
Dalam penelitian ini, Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan
untuk mengevaluasi ketiga pemasok daging Restoran Sangdan Korean BBQ. Kriteria
yang digunakan adalah biaya, kualitas, pelayanan, pengiriman, fleksibilitas, dan daya
tanggap. Setiap kriteria tersebut memiliki tiga hingga lima sub kriteria. Penilaian terhadap
setiap kriteria dan sub kriteria dilakukan dalam bentuk serangkaian wawancara dengan
manajer restoran.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kriteria daya tanggap merupakan
kriteria terpenting untuk Restoran Sangdan Korean BBQ; (2) Pemasok yang memiliki
kinerja terbaik adalah “Pemasok 3”; (3) Terdapat beberapa perbaikan yang harus
dilakukan untuk setiap pemasok dengan prioritas yang berbeda untuk masing-masing
pemasok.