Penerapan metode QSPM dalam menentukan alternatif strategi Toko Elite Meubel Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mulia, Fernando
dc.contributor.author Gunawan, Melisa Raissa
dc.date.accessioned 2023-08-22T09:06:27Z
dc.date.available 2023-08-22T09:06:27Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42762
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15767
dc.description 24587 - FE en_US
dc.description.abstract Penggerak perekonomian di Indonesia salah satunya adalah UMKM. UMKM berperan penting dalam menopang produksi nasional, sumber pendapatan, dan kesejahteraan rakyat. Salah satu usaha yang mendukung UMKM di Bandung adalah Toko Elite Meubel. Usaha ini menjual berbagai jenis merek spring bed dan furniture sejak tahun 2000. Transaksi jual dan beli dalam usaha ini adalah melalui toko fisik atau offline store. Melihat adanya pandemi COVID-19, omzet penjualan Toko Elite Meubel menurun dalam kurun waktu satu tahun (Agustus 2020 – Juli 2020). Salah satu faktornya adalah diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM yang membuat adanya batasan kegiatan diluar rumah membuat sepi pengunjung yang datang ke Toko Elite Meubel. Untuk mengetahui alternatif strategi yang tepat serta dapat diterapkan pada Toko Elite Meubel untuk dapat membantu meningkatkan penjualan dan dapat bersaing dengan kompetitor, penelitian ini menggunakan 3 tahap yaitu tahap input stage (IFE dan EFE), matching stage (IE dan SWOT), dan decision stage (QSPM). Hasil yang didapatkan berdasarkan metode QSPM dalam penelitian ini adalah melakukan penjualan produk melalui online marketplace (Tokopedia, Shopee, Website), melakukan promosi melalui media sosial sehingga dapat mempermudah calon konsumen untuk mengetahui keberadaan produk, dan melakukan pencatatan dengan menggunakan aplikasi atau software untuk mempermudah pencatatan dan penyimpanan data secara aman. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan data yang objektif. Wawancara awal dilakukan kepada para stakeholders Toko Elite Meubel untuk mengidentifikasi faktor internal. Lalu, wawancara kedua untuk mengetahui bobot, rating, dan skor daya tarik dari segi internal dan eksternal, penulis melakukan wawancara kepada pemilik Toko. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Penerapan metode QSPM dalam menentukan alternatif strategi Toko Elite Meubel Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120041
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427028402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account