dc.description.abstract |
Jumlah UMKM yang terdapat di kota Bandung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Semakin meningkatnya jumlah unit usaha di kota Bandung membuat semakin ketatnya persaingan bisnis. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 menambah tantangan bagi para pengusaha untuk bisa bersaing dalam industrinya. Akibat dari pandemi ini banyak sektor bisnis yang mengalami penurunan penjualan. Tetapi tidak semua perusahaan mengalami penurunan penjualan pada saat pandemi ini. PT. Rakattan Naga Nusantara adalah unit usaha yang berada di kota Bandung, bergerak di industri bisnis furniture. Penjualan perusahaan cenderung stabil pada saat pandemi. Penerapan strategi bersaing yang tepat dapat membuat perusahaan menciptakan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaingnya. Perusahaan memiliki keunggulan dari segi nilai yang berbeda dari pesaingnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan metode penelitian studi kasus, yang berfokus pada menganalisa strategi bersaing yang digunakan perusahaan saat ini. Teknik dari pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan diolah dalam sebuah kerangka kerja dalam menganalisis aktivitas perusahaan dari sisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Yang kemudian disimpulkan melalui Analisis S.W.O.T untuk mengetahui penerapan dan rancangan strategi bagi PT. Rakattan Naga Nusantara.
Berdasarkan hasil penelitian, PT. Rakattan Naga Nusantara saat ini menggunakan Board Differentiation Strategy dalam menghadapi ketatnya persaingan di industri ini. Perusahaan memiliki nilai yang berbeda dari pesaingnya, seperti menyediakan konsultan desain, pelayanan yang lebih lengkap dibandingkan para pesaingnya, dan hasil desain yang berbeda daripada pesaingnya. Dengan menerapkan strategi ini dapat memberikan nilai yang berbeda kepada konsumen, sehingga dapat menarik keinginan konsumen untuk membeli di perusahaan.
Berdasarkan pada hasil analisis dan kesimpulan maka penulis mengusulkan perusahaan tetap menggunakan Board Differentiation Strategy dengan meningkatkan manajemen internal perusahaan, mengembangkan digital marketing perusahaan, merekrut manajer SDM agar SDM yang dimiliki perusahaan dapat unggul, dan membuat strategi harga seperti harga paket sehingga konsumen dapat lebih tertarik lagi. Dengan menerapkan hal tersebut kedepannya perusahaan dapat mempertahankan keunggulan kompetitifnya dan membuat perusahaan lebih maju kedepannya. |
en_US |