Pengaruh pengalaman konsumen terhadap minat penggunaan kembali dompet digital Gopay

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Pratama, Richardus Adi
dc.date.accessioned 2023-08-10T02:20:01Z
dc.date.available 2023-08-10T02:20:01Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43271
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15706
dc.description 10140 - FISIP en_US
dc.description.abstract Munculnya startup tekfin termasuk produk e-wallet telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi baik secara online maupun offline. Gopay menduduki peringkat teratas e-wallet di Indonesia, dengan pengguna bulanan teraktif dari 2017 hingga 2019. Ketatnya persaingan telah menggeser Gopay dari peringkat pertama menjadi peringkat ketiga digantikan oleh Shopeepay di tahun 2020 sebagai e-wallet dengan frekuensi transaksi tertinggi disusul oleh OVO. Seperti yang dikemukakan oleh para ahli bahwa niat membeli atau menggunakan kembali kembali di masa depan dipengaruhi oleh evaluasi pembelian sebelumnya, menarik untuk mengetahui apa yang dialami pengguna Gopay dan apakah mereka memiliki niat untuk menggunakan Gopay untuk pembelian berikutnya atau penggunaan kembali dalam waktu dekat. Penelitian ini mengukur aspek Ease of Use, Customer Reviews, Customization, Security, Fulfillment Reliability, Customer Service, Store Offering, penggunaan kembali, penggunaan kembali secara rutin dan berulang, pencarian informasi kembali yang dialami pengguna dan niat menggunakan Gopay untuk transaksi berikutnya atau rutin. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 125 responden di Bandung. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan uji statistik non parametrik untuk mengetahui korelasi antara kedua variabel. Uji korelasi Spearman Rho menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,437. Uji korelasi juga dilakukan pada masing-masing dimensi pengalaman pengguna terhadap minat penggunaan memberikan hasil bahwa dimensi Store Offerings memiliki nilai korelasi positif sebesar 0,778 pada minat penggunaan kembali yang artinya penggunaan kembali memiliki korelasi serta pengaruh yang kuat dan positif terhadap minat penggunaan kembali dompet digital Gopay. Kesimpulan pada penelitian ini adalah semakin baik pengalaman konsumen, semakin baik juga minat penggunaan kembali. Faktor store offerings pada pengalaman konsumen memiliki pengaruh kuat terhadap minat penggunaan kembali. Sebagai saran, Gopay dapat memberikan hadiah promo, voucher diskon atau hadiah yang lebih menarik bagi pengguna yang telah mengumpulkan point dengan jumlah tertentu yang didapatkan setiap kali menggunakan Gopay sebagai metode pembayaran, serta pengembangan fasilitas Gopay Plus dan fasilitas bagi UMKM. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject PENGALAMAN KONSUMEN en_US
dc.subject Minat Penggunaan Kembali en_US
dc.subject Tekfin en_US
dc.title Pengaruh pengalaman konsumen terhadap minat penggunaan kembali dompet digital Gopay en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801183
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account