Rancangan strategi bersaing bagi Askara Coffee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yosefa
dc.contributor.author Manalu, Parsaulian
dc.date.accessioned 2023-08-10T01:50:56Z
dc.date.available 2023-08-10T01:50:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43268
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15703
dc.description 10137 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tingkat persaingan industri di Kota Pontianak sangat ketat dan sesak sehingga bagi setiap pendatang baru memerlukan suatu perencanaan strategi bersaing yang efektif dan efisien agar dapat bersaing. Oleh karena itu, Askara Coffee yang baru akan berdiri membutuhkan rancangan strategi bersaing dengan melihat model bisnis, keadaan internal dan eksternal serta persaingan industri kopi yang terjadi saat ini. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis tersebut adalah analisis fungsi bisnis, Business Model Canvas (BMC), Five Forces Porter’s, Competitive Profile Matrix (CPM), Matriks SPACE, serta analisis Matriks SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan data yang diperoleh dari berbagai teknik pengumpulan data. Hasil analisis tersebut memberikan gambaran bahwa Askara Coffee memiliki segmentasi pasar yaitu mahasiswa dan para pekerja profesional dengan pesaing utama yaitu Paskamasala dan Silang, dengan keunggulan utama Paskamasala pada kualitas produk dan promosi dan silang pada kualitas produk pengalaman barista yang dimiliki. Secara khusus, berdasarkan analisis Matriks SPACE Askara Coffee berada pada kuadran agresif. Selanjutnya, berdasarkan Internal Factors Analysis Summary, Askara Coffee kuat dalam internal dan berdasarkan External Factors Analysis Summary, Askara Coffee mampu merespon peluang dan ancaman dengan cukup baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka strategi yang efektif dan efisien untuk diterapkan oleh Aksara Coffee adalah strategi penetrasi pasar, melakukan penjualan secara online dengan melakukan kerjasama dengan platform e-commerce, serta menetapkan visi, misi, dan tujuan yang saat ini belum ditetapkan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject BMC en_US
dc.subject Cpm en_US
dc.subject Porter Five Forces en_US
dc.subject Analisis lingkungan internal dan eksternal en_US
dc.subject Matriks SPACE en_US
dc.subject analisis Matriks SWOT en_US
dc.title Rancangan strategi bersaing bagi Askara Coffee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801160
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account