Abstract:
Ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia menuntut para pelaku ecommerce untuk terus melakukan inovasi guna menjaring pengguna dan memperkuat layanan mereka. Eiger adalah contoh perusahaan yang memproduksi, menjual serta mempromosikan produk outdoor dengan menggunakan Brand Ambassador. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaiamana Brand Ambasssador yang dimiliki oleh Eiger mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk menggunakan produk Outdoor Eiger Indo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kausan karena penelitian ini ingin melihat seberapa besar hubungan Brand Ambaassador sebagai variable independent terhadap Keputusan Pembelian. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada 100 responden sebagai sampel penelitain. Penelitian ini dilakukan dengan analisis regeresi linear sederahana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Data yang digunakan kemudian diolah dengan analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, hasil pengolahan data menunjukan bahwa Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian memiliki tingkat hubungan kuat pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F menunjukan bahwa Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (??2), menunjukan bahwa Brand Ambassador memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 47.8% dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.