dc.description.abstract |
Pada masa pandemi ini jumlah UMKM pada tahun 2021 meningkat mencapai 64,2 juta. Salah satu bisnis UMKM yang menawarkan layanan jasa yaitu, bisnis Laundry. Usaha laundry ini pun banyak diminati oleh masyarakat khususnya di Kota Bandung dengan peningkatan jumlah permintaan jasa Laundry sebesar 50% pada masa pandemi. Namun, Laundry K-GLA mengalami penurunan jumlah pelanggan sehingga berdampak pada pendapatan laundry yang juga menurun. Penurunan tersebut diduga karena kurangnya penawaran sales promotion dan pemberian kualitas pelayanan yang dirasa kurang baik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sales promotion dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada minat penggunaan ulang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara kepada pemilik Laundry K-GLA dan menyebarkan kuesioner menggunakan google form yang diberikan kepada 110 responden pelanggan Laundry K-GLA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sales promotion dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan terdapat pengaruh yang signifikan juga antara sales promotion, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan terhadap minat penggunaan ulang pada jasa Laundry K-GLA. |
en_US |