Abstract:
Pengetahuan merupakan aset berharga bagi perusahaan. Perusahaan yang memiliki pengelolaan pengetahuan yang baik merupakan dasar dari terciptanya perusahaan atau organisasi yang berkelanjutan dan dapat bertahan dalam perubahan maupun persaingan global. Praktik manajemen pengetahuan memiliki empat dimensi yang bertujuan untuk mengelola pengetahuan yang ada. Pengetahuan tersebut pada nantinya dapat dimanfaatkan organisasi untuk meningkatkan performa organisasi. PT X merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam industri ritel di Indonesia yang bergerak dalam bidang penyaluran barang kebutuhan sehari-hari yang berusaha untuk meningkatkan kinerja organisasinya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa berpengaruh praktik manajemen pengetahuanterhadap performa organisasi di PT X. Pada penelitian ini digunakan metode survei dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif. Hasil pengujian variabel dalam penelitian ini didapati bahwa variable knowledge management practices memiliki pengaruh positif sebesar 19,8% terhadap organizational performance. Tanggapan karyawan terhadap praktik manajemen pengetahuan di PT X termasuk dalam kategori baik, adapun dalam peneliltian ini tidak ditemukan adanya perbedaan tanggapan antara staf maupun supervisor dan manajer terhadap praktik manajemen pengetahuan di PT X.