dc.contributor.advisor |
Pawitan, Gandhi |
|
dc.contributor.author |
Watanamei, Deo Jovan |
|
dc.date.accessioned |
2023-08-09T02:18:12Z |
|
dc.date.available |
2023-08-09T02:18:12Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.other |
skp43252 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/15686 |
|
dc.description |
10121 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Pentingnya suatu strategi dalam menghadapi persaingan bisnis, strategi adalah alat yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan ataupun untuk dapat bersaing dengan pihak pesaing yang bergerak dibidang yang sama, penelitian ini dilakukan pada Coffee Engine Bali yang dilatar belakangi oleh perpindahan lokasi yang dilakukan oleh Coffee Engine Bali dan juga terjadinya penurunan penjualan yang cukup drastis setelah melakukan pemindahan lokasi.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Coffee Engine Bali dalam menjalankan usahanya agar dapat bertahan menghadapi persaingan bisnis dengan pihak pesaing yang bergerak dibidang yang sama. Penelitian ini juga bertujuan untuk dapat menganalisis strategi alternatif lainnya yang dapat digunakan oleh Coffee Engine Bali dalam rangka bersaing ditengah banyaknya bermunculan coffee shop lainnya di wilayah Provinsi Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan juga observasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data internal dan eksternal serta analisis SWOT. Analisis internal dilakukan untuk menilai empat fungsi bisnis yang terdiri dari pemasaran, keuangan, operasional dan SDM. Selanjutnya analisis eksternal dinilai dengan metode porter’s five forces dan analisis PESTLE. Dan yang terakhir analisis SWOT digunakan untuk mencari strategi alternatif lainnya yang dapat diterapkan oleh manajemen Coffee Engine Bali sebagai strategi bersaing. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi bersaing Coffee Engine Bali terdiri atas dua jenis strategi yaitu generik dengan mengutamakan keunggulan produk dan strategi fokus atau spesialisasi dengan melakukan penjualan secara online serta pemberian promo kepada para konsumen. Berikutnya hasil penelitian ini juga memberikan strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh manajemen Coffee Engine Bali dengan tetap menjaga kualitas produk yang dimilikinya dan juga menjalin hubungan yang lebih dekat dengan konsumen agar konsumen tetap loyal dalam membeli produk dari Coffee Engine Bali. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
strategi bersaing |
en_US |
dc.subject |
MANAJEMEN STRATEGI |
en_US |
dc.subject |
ANALISIS SWOT |
en_US |
dc.subject |
Coffee Engine Bali |
en_US |
dc.title |
Analisis strategi bersaing Coffee Engine Bali |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM6081801080 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0428086501 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis |
|