Abstract:
Perubahan terhadap tren dan selera di masyarakat merupakan pemicu
terjadinya proses inovasi produk yang dilakukan oleh perusahaan di industri kecantikan seperti pada ERHA Medicals. Penelitian dengan judul “Analisis Strategi Inovasi Produk Perawatan Wajah di Perusahaan ERHA MEDICALS” memiliki rumusan masalah apa saja inovasi produk yang dilakukan oleh ERHA, bagaimana cara ERHA menentukan dan membuat inovasi serta dampak dari rantai
nilai inovasi dan radar inovasi terhadap strategi keunggulan bersaing perusahaan. Landasan teori dan konsep yang digunakan adalah teori inovasi produk, dimensi inovasi, rantai nilai inovasi, radar inovasi, 5 Porter’s Forces Analysis dan
juga strategi keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang menggabungkan berbagai macam sumber data yang telah dilakukan dengan berbagai teknik pengumpulan data. Data yang didapat akan diolah dengan metode deskriptif analisis. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, ERHA Medicals telah melaksanakan tahapan di dalam lini produk baru, tambahan pada lini produk yang sudah ada, Perbaikan produk yang telah ada, 3 dimensi rantai nilai inovasi dan 12 radar inovasi. Hasil dari adanya inovasi produk yang dilakukan ERHA membuat
perusahaan mendapatkan peningkatan atas market share-nya. Namun hasil inovasi atau proses inovasi produk perawatan wajah yang dilakukan ERHA masih terbukti kurang efektif karena ERHA Medicals belum berhasil untuk memenangkan atau masuk ke dalam top leader atau menjadi market champion di industri produk perawatan wajah.
Berdasarkan pada hasil analisis dan kesimpulan maka penulis
mengusulkan rekomendasi yaitu: mencoba mengkaji ulang jangka waktu (timeline) untuk mengeluarkan produk inovasi, memberikan claims atas keunggulan yang dimiliki oleh tiap produk hasil inovasinya, lebih memanfaatkan platform seperti TikTok dan menggunakan brand ambassador.