Analisis dinamika persaingan Coffee House di Purwokerto

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Josephine, Yolanda
dc.date.accessioned 2023-08-09T01:58:41Z
dc.date.available 2023-08-09T01:58:41Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43247
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15681
dc.description 10116 - FISIP en_US
dc.description.abstract Di era globalisasi, persaingan industri semakin kompetitif sehingga membuat dunia usaha saat ini berkembang pesat, salah satunya pada industri kopi. Seiring adanya perkembangan perilaku masyarakat, saat ini sebagian orang menganggap bahwa minum kopi sudah menjadi gaya hidup dan menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya. Coffee house diciptakan untuk memenuhi gaya hidup masyarakat. Dengan berbagai macam desain, konsumen dapat menikmati secangkir kopi sambil bersantai. Coffee house mulai menjamur di berbagai kota di Indonesia, khususnya Purwokerto yang menyebabkan tren minum kopi meningkat tajam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika persaingan pada Coffee House di Purwokerto serta strategi yang diimplementasikan. Penelitian ini bersifat kualitatif didasari dengan metode studi kasus pada ketiga coffee house. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari hasil wawancara antara peneliti dengan masing-masing pemilik coffee house. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diketahui bahwa faktor politik dan legal kurang mempengaruhi kinerja dari coffee house. Namun, faktor lainnya seperti ekonomi, sosial, teknologi, dan lingkungan memberikan pengaruh yang besar kepada coffee house. Analisa porter five forces menunjukkan bahwa kekuatan pemasok tidak cukup tinggi sehingga membuat coffee house mudah untuk berpindah pemasok. Berdasarkan 5 generic strategies, dapat diketahui bahwa coffee house menggunakan strategi yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisa, coffee house menggunakan strategi diferensiasi dan juga low-cost provider. Hal ini karena produk yang ditawarkan berbeda dari kompetitornya dan harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya. Saat ini, ketiganya sedang berusaha berada di tengah pasar menggunakan strategi yang dipilih oleh masing-masing. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject coffee house en_US
dc.subject PESTEL en_US
dc.subject five forces en_US
dc.subject five generic strategies en_US
dc.subject Dinamika Persaingan en_US
dc.title Analisis dinamika persaingan Coffee House di Purwokerto en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801064
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account