Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Genah Calik

Show simple item record

dc.contributor.advisor Situmorang, James Rianto
dc.contributor.author Kurniawan, Sandra
dc.date.accessioned 2023-08-04T06:55:19Z
dc.date.available 2023-08-04T06:55:19Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43238
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15673
dc.description 10107 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kuliner memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menjadi salah satu alasan yang dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu. Di Jawa Barat, misalnya, menu Sunda selalu berhasil menggugah selera. Ketika permintaan tinggi, situasi persaingan tertentu akan terjadi. Tasikmalaya, sebuah kota di wilayah Jawa Barat, merupakan kota kecil yang ramai dikunjungi atau disinggahi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kondisi ini membuat masyarakat setempat mulai membuka restoran. Diantaranya adalah Genah Calik. Berada di tengah persaingan yang ketat membuat restoran ini perlu mengelola kualitas pelayanannya dengan baik agar dapat bertahan, karena kualitas pelayanan yang baik dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Restoran Genah Calik. Data diperoleh dengan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Responden yang dipilih merupakan pelanggan yang datang berkunjung ke rumah makan Genah Calik pada bulan Maret-April 2022. Kualitas pelayanan diukur dengan dimensi Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik, sedangkan keputusan pembelian diukur dengan indikator proses keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan sebesar 57,6% terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Genah Calik. Adapun nilai koefisien korelasi 0,759 yang tergolong dalam kategori tinggi. Serta Uji Hipotesis, didapatkan nilai signifikansi t sebesar 0.000, yang berarti Nilai signifikansi t < 0.05, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara satu variabel independen terhadap variabel dependen. Terdapat tiga pernyataan kuesioner dengan tingkat tertinggi yaitu, makanan dan minuman diantar sesuai pesanan, pramusaji rumah makan genah calik mampu menjelaskan menu yang ada, dan pramusaji berpenampilan sopan dan rapi. Mengacu pada hasil analisis, Rumah Makan Genah Calik memiliki kualitas pelayanan yang baik dalam mendorong keputusan pembelian. Pelanggan setuju bahwa Rumah Makan Genah Calik memiliki SOP yang baik dan sesuai dalam memberikan kualitas pelayanan. Pelanggan juga bersedia mengunjungi kembali Rumah Makan Genah Calik yang membuktikan bahwa Rumah Makan Genah Calik telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Namun, Rumah Makan Genah Calik harus terus meningkatkan kualitas pelayannya agar mampu bersaing dan bertahan dalam persaingan bisnis kuliner di Tasikmalaya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Genah Calik en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801019
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407026301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account