Abstract:
Knowledge Management Practices berkaitan dengan bagaimana perusahaan merumuskan strategi oleh manajer untuk mengidentifikasi, membuat berbagi, menyimpan, mendistribusikan, atau mentransfer pengetahuan dan membuatnya tersedia bagi karyawan perusahaan. Hal tersebut sangat penting dan dibutuhkan
oleh perusahaan karena dapat meningkatkan organizational performance di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Persepsi Karyawan atas Knowledge Management Practices terhadap Persepsi Organizational Performance di perusahaan. Penelitian ini berjenis Exploratory Research. Pengambilan data menggunakan tiga metode yaitu wawancara, studi literatur, dan kuesioner. Kuesioner disebarkan pada 30 responden yang merupakan karyawan, supervisor, dan manajer divisi Sales and Marketing di perusahaan PT Telekomunikasi X. Pengukuran Pengaruh Persepsi Karyawan atas Knowledge Management Practices terhadap Persepsi Organizational Performance menggunakan berbagai pengujian yaitu Distribusi Frekuensi, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas (Glejser), Uji Pengaruh Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Beda t-Test. Dari hasil pengujian ditemukan bahwa persepsi karyawan mengenai praktek penerapan Knowledge Management Practices bisa dikatakan baik dimana rata-rata nilai sangat setuju sebesar sebesar 65,63%, Knowledge Management Practices
berpengaruh positif kepada Organizational Performance di PT Telekomunikasi X. Dan untuk persepsi karyawan mengenai Organizational Performance bisa dikatakan baik atau bisa dilihat dari nilai rata-rata jawaban “Sangat Setuju” dari tabel distribusi frekuensi Organizational Performance, untuk penelitian ini nilai rata-rata jawaban “Sangat Setuju” dari variabel Organizational performance sebesar 60,28%. Dan hasil pengaruh untuk Knowledge Management Practices terhadap Organizational performance berpengaruh positif