dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi diferensiasi, pengaruh dari diferensiasi yang dilakukan, menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal, mengetahui bagaimana manajemen strategi serta menganalisis dan merancang strategi yang dapat dikembangkan kedepannya oleh
PT. Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Sumber data primer didapatkan dari laporan dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh
dari studi pustaka dan dokumen internal perusahaan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Narasumber penelitian terdiri dari pegawai dan kepala bagian departemen yang bersangkutan pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar. Analisis data dilakukan dengan analisis
Five Forces Porter, analisis SWOT dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Pegadaian menerapkan strategi diferensiasi khususnya dalam mengembangkan program investasi emas yang dimiliki, termasuk program tabungan emas dengan peluncuran aplikasi Pegadaian Digital Service. PT. Pegadaian (Persero) khususnya Kantor Wilayah VII Denpasar dan segenap cabang
dan outlet yang berada dibawahnya berada dalam kondisi yang baik walaupun dalam masa pandemi dan persaingan yang cukup ketat. Strategi baru yang dapat menjadi alternatif Pegadaian adalah strategi intensif penetrasi pasar. Dengan melakukan strategi ini, Pegadaian Kanwil VII Denpasar dapat mengembangkan pangsa pasarnya dan menambah awareness masyarakat yang belum mengetahui
program investasi emas serta dapat menjadi ajang pelatihan dan pembuktian bagi marketing executive Pegadaian dalam hal menambah wawasan masyarakat terhadap produk atau program perusahaan dan keterampilan mereka dalam mencari nasabah baru tabungan emas. |
en_US |