Pengaruh persepsi konsumen pada kualitas produk terhadap preferensi merek : suatu studi komparasi pada sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Pualam, Antonius Stephen
dc.date.accessioned 2023-07-31T07:38:10Z
dc.date.available 2023-07-31T07:38:10Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43153
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15635
dc.description 24847 - FE en_US
dc.description.abstract Sejak Pandemi Covid-19 pada tahun 2022, kebutuhan akan produk kebersihan seperti sabun mandi meningkat. Di Indonesia penggunaan sabun mandi baik berbentuk cair maupun padat (batang) meningkat. Salah satu merek yang sudah sangat terkenal untuk sabun mandi adalah Lifebuoy dan Nuvo. Kedua merek ini memiliki produk yang sudah ada dalam waktu yang relatif lama dan tersebar di seluruh Indonesia. Namun dengan adanya peningkatan kebutuhan pada industry kosmetik khususnya produk kebersihan tubuh seperti sabun mandi, sabun mandi batang Nuvo masih belum dapat bersaing dengan Lifebuoy walaupun memiliki jumlah penjualan yang cukup tinggi dan termasuk dalam merek sabun yang terkenal serta masuk dalam nominasi 4 besar TBI (Top Brand Index) pada kategori sabun mandi batang antiseptic. Banyak ditemukan keluhankeluhan dari konsumen mengenai Kualitas produk setelah digunakan yang membuat mereka beralih untuk menggunakan produk lainnya. Oleh karena itu penulis melalukan preliminary research kepada 14 orang yang pernah menggunakan sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy. Dari preliminary research didapatkan bahwa persepsi negatif konsumen pada Persepsi Kualitas, Fitur Produk dan Ketahanan Produk mempengaruhi konsumen untuk lebih memilih dan menggunakan sabun mandi batang Nuvo dibandingkan dengan sabun mandi batang Lifebuoy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persepsi konsumen pada Persepsi Kualitas,Fitur produk,dan Ketahanan Produk terhadap Preferensi Merek sabun mandi batang Nuvo dan Lifebouy. Untuk mendapatkan indikator penilaian, penulis mencari tahu lebih lanjut dengan membaca jurnal dan buku berkaitan dengan variabel independent yang diangkat. Pada penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah menggunakan sabun mandi batang Lifebuoy dan Nuvo. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis berbentuk deskriptif dan dengan pengolahan data menggunakan analisa regresi linier berganda guna menguji hipotesis penelitian serta besaran pengaruh dan signifikansi variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh variabel Persepsi Kualitas, Fitur Produk dan Ketahanan Produk terhadap Preferensi Merek konsumen sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy. Dengan demikian penulis dapat memberikan beberapa saran untuk sabun mandi batang Nuvo agar dapat meningkatkan kualitas produknya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject persepsi Kualitas en_US
dc.subject fitur produk en_US
dc.subject ketahanan produk en_US
dc.subject preferensi merek en_US
dc.subject industri kosmetik en_US
dc.subject sabun mandi batang en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen pada kualitas produk terhadap preferensi merek : suatu studi komparasi pada sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801227
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account