Abstract:
Sejak Pandemi Covid-19 pada tahun 2022, kebutuhan akan produk kebersihan seperti sabun mandi meningkat. Di Indonesia penggunaan sabun mandi baik berbentuk cair maupun padat (batang) meningkat. Salah satu merek yang sudah sangat terkenal untuk sabun mandi adalah Lifebuoy dan Nuvo. Kedua merek ini memiliki produk yang
sudah ada dalam waktu yang relatif lama dan tersebar di seluruh Indonesia. Namun dengan adanya peningkatan kebutuhan pada industry kosmetik khususnya produk kebersihan tubuh seperti sabun mandi, sabun mandi batang Nuvo masih belum dapat bersaing dengan Lifebuoy walaupun memiliki jumlah penjualan yang cukup tinggi dan
termasuk dalam merek sabun yang terkenal serta masuk dalam nominasi 4 besar TBI (Top Brand Index) pada kategori sabun mandi batang antiseptic. Banyak ditemukan keluhankeluhan dari konsumen mengenai Kualitas produk setelah digunakan yang membuat mereka beralih untuk menggunakan produk lainnya. Oleh karena itu penulis melalukan
preliminary research kepada 14 orang yang pernah menggunakan sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy. Dari preliminary research didapatkan bahwa persepsi negatif konsumen pada Persepsi Kualitas, Fitur Produk dan Ketahanan Produk mempengaruhi konsumen untuk lebih memilih dan menggunakan sabun mandi batang Nuvo dibandingkan dengan sabun mandi batang Lifebuoy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persepsi konsumen pada Persepsi Kualitas,Fitur produk,dan Ketahanan Produk terhadap Preferensi Merek sabun mandi batang Nuvo dan Lifebouy. Untuk mendapatkan indikator penilaian, penulis mencari tahu lebih lanjut dengan membaca jurnal dan buku berkaitan dengan variabel independent yang diangkat. Pada penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner kepada
100 responden yang pernah menggunakan sabun mandi batang Lifebuoy dan Nuvo. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis berbentuk deskriptif dan dengan pengolahan data menggunakan analisa regresi linier berganda guna menguji hipotesis penelitian serta besaran pengaruh dan signifikansi variabel independen terhadap variabel
dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh variabel Persepsi Kualitas, Fitur Produk dan Ketahanan Produk terhadap Preferensi Merek konsumen sabun mandi batang Nuvo dan Lifebuoy. Dengan demikian penulis dapat memberikan beberapa saran
untuk sabun mandi batang Nuvo agar dapat meningkatkan kualitas produknya.