Abstract:
Teknologi memberikan dampak yang nyata dalam dunia bisnis, khususnya dalam memasarkan suatu produk. Oleh karena itu, strategi digital marketing perlu dimanfaatkan secara efektif dan efisien oleh penggunanya. Pemasaran melalui media sosial mampu memberikan kemudahan baik bagi penjual maupun pembeli serta berdampak pada kesadaran merek konsumen terhadap suatu produk. Berdasarkan hasil preliminary research, sebagian besar konsumen mengaku bahwa
akun Instagram @mhoneyjava tidak dapat menyampaikan pesannya dengan baik sehingga menyebabkan brand awareness yang rendah terhadap madu Mhoney. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen mengenai media marketing Instagram terhadap brand awareness madu merek Mhoney. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah media marketing Instagram sebagai variabel independen yang terdiri dari dimensi context, communication, colaboration, connection. Adapun variabel dependen pada
penelitian ini yaitu brand awareness yang hanya menggunakan dimensi unaware brand. Penyebaran angket dilakukan kepada 39 responden, teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi dengan uji signifikansi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yang digunakan valid dan reliabel. Sedangkan untuk pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa media
marketing Instagram berpengaruh terhadap brand awareness baik secara masingmasing maupun bersama-sama, dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil ini, terdapat serangkaian usulan yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu connection merupakan komponen media marketing Instagram
yang memiliki besaran pengaruh terendah terhadap brand awareness, sehingga perlu lebih ditingkatkan lagi guna meningkatkan kesadaran merek.