Evaluasi pemasok bunga pada Toko Bunga X menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fitriani, Katlea
dc.contributor.author Gani, Metta
dc.date.accessioned 2023-07-28T02:39:55Z
dc.date.available 2023-07-28T02:39:55Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43120
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15607
dc.description 24814 - FE en_US
dc.description.abstract Industri florikultura merupakan salah satu industri dengan peminat yang bersifat universal, tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Perkembangan industri florikultura sejak tahun 1980-an hingga sekarang dapat terlihat dari kontribusinya terhadap sumber devisa negara Indonesia melalui kegiatan ekspor. Pada dasarnya, industri florikultura sendiri sudah memiliki berbagai jenis produk, seperti rangkaian bunga, bunga potong dan sebagainya. Salah satu pelaku industri florikultura adalah Toko Bunga X, yang menjual beragam jenis produk olahan bunga segar dengan keberagaman desain maupun variasi yang ditawarkan. Toko Bunga X telah menjadi pilihan warga kota Medan, maupun kota besar lainnya ketika hendak menyampaikan ucapan selamat maupun belasungkawa. Pemasok merupakan salah satu kontributor utama dalam menjalankan kegiatan bisnis Toko Bunga X. Untuk itu pemilihan pemasok yang tepat merupakan sebuah hal yang fundamental bagi Toko Bunga X. Dalam upaya pemilihan pemasok yang tepat, pada penelitian ini digunakan metode Fuzzy AHP, yang merupakan sebuah metode perkembangan dari metode AHP. Dimana metode ini dianggap dapat meminimalisir ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pemasok, dengan mengetahui urutan kriteria pemasok dan urutan pemasok Toko Bunga X. Berdasarkan dari hasil wawancara terbuka dengan Toko Bunga X, penulis juga mengetahui bahwa permasalahan yang dialaminya dengan pemasok ialah kualitas bunga yang tidak konsisten; keterlambatan pengiriman; hingga ketidaksesuaian kuantitas bunga. Pada penelitian ini penulis memperoleh data melalui wawancara terbuka kepada pihak Toko Bunga X dan literature review. Dalam mengolah data evaluasi pemasok, penulis menggunakan metode FAHP. Penelitian ini mengacu pada empat kriteria, yakni ketersediaan; kualitas; harga; dan waktu tunggu dengan 3 indikator pada setiap kriterianya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari keempat kriterianya, merupakan kriteria yang sangat penting, yakni kualitas dan waktu tunggu. Untuk dua kriteria lainnya, meliputi ketersediaan dan harga bukanlah kriteria yang sangat penting dan berpengaruh. Alternatif 1 dan Alternatif 2 juga mendapatkan posisi pertama dalam pengevaluasian pemasok, diikuti dengan Alternatif 3 yang menduduki posisi kedua dan Alternatif 4 yang menduduki posisi ketiga. Sehingga terdapat beberapa saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi Toko Bunga X agar tetap dapat bersaing dengan mengandalkan pemasoknya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Evaluasi Pemasok en_US
dc.subject Fuzzy AHP en_US
dc.subject Ketersediaan en_US
dc.subject Kualitas en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Waktu Tunggu. en_US
dc.title Evaluasi pemasok bunga pada Toko Bunga X menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801129
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404059002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account