Abstract:
Saat ini, persaingan bisnis dalam industri kosmetik di dalam negeri terlihat sangat kompetitif dikarenakan industri kecantikan yang saat ini tengah diminati, baik wanita maupun pria. Sehingga,
dengan berkembangnya teknologi saat ini yang mempermudah baik perusahaan internasional maupun perusahaan lokal berlomba dalam menciptakan produk kosmetik yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Salah satu merek kosmetik yang memiliki tingkat pembelian tinggi adalah Make Over. Berdasarkan hasil preliminary research kepada responden yang pernah melakukan pembelian produk base make up Make Over, didapati bahwa beberapa responden tidak
memiliki niat beli ulang dikarenakan tidak puas dengan kinerja dari kualitas produk base make up Make Over.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi atas kualitas produk terhadap kepuasan konsumen yang berdampak pada niat beli ulang produk base make up Make Over di kota
Bandung. Variabel yang digunakan terdiri dari persepsi atas kualitas produk dengan 3 indikator. Penulis melakukan pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden.
Importance-Performance Analysis digunakan dalam melakukan pemetaan terhadap kepuasan konsumen melalui dari kinerja dan kepentingan dari indikator yang digunakan dalam penelitian.
Analisis regresi juga digunakan dalam penelitian ini untuk melihat siginifikansi hipotesis serta pengaruh pada variabel independen terhadap variabel dependen baik secara langsung ataupun
melalui variabel intervening. Hasil dari penelitian, menunjukkan variabel persepsi atas kualitas produk dan kepuasan
konsumen valid, reliabel dan berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang. Sehingga berdasarkan hasil ini, terdapat beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi Make Over
agar dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen.