Pengaruh persepsi konsumen atas promosi penjualan konsumen dan iklan terhadap niat beli di Bukalapak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Mulya, Kania Maharani Rifkah
dc.date.accessioned 2023-07-26T07:39:48Z
dc.date.available 2023-07-26T07:39:48Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43105
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15591
dc.description 24799 - FE en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menyebabkan meningkatnya penggunaan aplikasi seluler. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang berbasis teknologi dengan tujuan menciptakan perekonomian yang adil bagi sesama. Berdasarkan hasil preliminary research, alasan yang paling banyak diungkapkan oleh responden yaitu mereka tidak pernah melihat promosi yang ditawarkan oleh Bukalapak dan terbiasa menggunakan marketspace lain karena menawarkan berbagai macam promosi. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mencari tahu persepsi konsumen atas consumer sales promotion dan advertising di Bukalapak yang diduga mengakibatkan niat beli konsumen yang rendah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen atas consumer sales promotion dan advertising terhadap niat beli di Bukalapak. Variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini terdiri dari variabel independent (X) yaitu consumer sales promotion dan advertising serta variabel dependen (Y) yaitu niat beli. Penulis akan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini pun akan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 120 responden dengan menggunakan non-probabilistic secara judgemental sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada kriteria khusus yaitu konsumen yang memiliki aplikasi Bukalapak. Uji regresi linear berganda penulis lakukan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen (consumer sales promotion dan advertising) terhadap variabel dependen (niat beli). Penelitian menggunakan angket untuk pengambilan data dengan menyebarkan kepada 120 responden. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menjelaskan secara rinci hasil dari angket mengenai respon responden terhadap tingkat kinerja setiap variabel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel consumer sales promotion dan advertising berpengaruh signifikan terhadap keinginan konsumen untuk melakukan pembelian di Bukalapak sebesar 0.262 (b1 sebesar 0.087 ditambah b2 sebesar 0.175). Selain itu, P-value yang di dapatkan sebesar 0.007 dan 0.000 (0.000 dan 0.007 < 0.05), dapat di interpretasikan jika consumer sales promotion dan advertising mempengaruhi niat beli konsumen secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, penulis dapat memberikan beberapa saran yang dapat diterapkan oleh Bukalapak untuk dapat meningkatkan consumer sales promotion dan advertising yang berdampak pada niat beli konsumen. Bukalapak perlu mempertahankan dan meningkatkan variasi serta intensitas berbagai consumer sales promotion yang telah ada seperti, membuat acara harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) di tanggal-tanggal tertentu dan membuat ketentuan dengan menetapkan minimal pembelanjaan. Bukalapak perlu memanfaatkan berbagai platform terutama dalam melakukan kegiatan pemasaran, melalui media elektronik (televisi) dan digital (instagram, tiktok, twitter dan youtube), memanfaatkan media cetak yaitu, membuat spanduk/baliho di jalan besar, membuat postingan dan template feeds maupun instastory di instagram Bukalapak dengan lebih menarik, berkolaborasi dengan influencer, seperti Raffi Nagita, Fadil Jaidi dan influencer lainnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject persepsi en_US
dc.subject consumer sales promotion en_US
dc.subject advertising en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject marketspace en_US
dc.subject analisis data secara kuantitattif en_US
dc.subject analisis regresi en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas promosi penjualan konsumen dan iklan terhadap niat beli di Bukalapak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801089
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account