Abstract:
Dewasa ini, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menyebabkan meningkatnya penggunaan aplikasi seluler. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang berbasis teknologi dengan tujuan menciptakan perekonomian yang adil bagi sesama. Berdasarkan hasil preliminary research, alasan yang paling banyak diungkapkan oleh responden yaitu mereka tidak pernah melihat promosi yang ditawarkan oleh Bukalapak dan terbiasa menggunakan marketspace lain karena menawarkan berbagai macam promosi. Maka dari itu, penulis tertarik
untuk mencari tahu persepsi konsumen atas consumer sales promotion dan advertising di Bukalapak yang diduga mengakibatkan niat beli konsumen yang rendah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen atas consumer sales promotion dan advertising terhadap niat beli di Bukalapak. Variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini terdiri dari variabel independent (X) yaitu consumer sales promotion dan advertising serta variabel dependen (Y) yaitu niat beli. Penulis akan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini pun akan
melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 120 responden dengan menggunakan non-probabilistic secara judgemental sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada kriteria khusus yaitu konsumen yang memiliki
aplikasi Bukalapak. Uji regresi linear berganda penulis lakukan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen (consumer sales promotion dan advertising) terhadap variabel dependen (niat beli). Penelitian menggunakan angket untuk pengambilan data dengan menyebarkan kepada 120 responden. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menjelaskan secara rinci hasil dari angket mengenai respon responden terhadap tingkat kinerja setiap variabel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel consumer sales promotion dan advertising berpengaruh signifikan terhadap keinginan konsumen untuk melakukan
pembelian di Bukalapak sebesar 0.262 (b1 sebesar 0.087 ditambah b2 sebesar 0.175). Selain itu, P-value yang di dapatkan sebesar 0.007 dan 0.000 (0.000 dan 0.007 < 0.05), dapat di interpretasikan jika consumer sales promotion dan advertising mempengaruhi niat beli
konsumen secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, penulis dapat memberikan beberapa saran yang dapat diterapkan oleh Bukalapak untuk dapat meningkatkan consumer sales promotion dan advertising yang berdampak pada niat beli konsumen. Bukalapak perlu mempertahankan dan meningkatkan variasi serta intensitas berbagai consumer sales promotion yang telah ada
seperti, membuat acara harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) di tanggal-tanggal tertentu dan membuat ketentuan dengan menetapkan minimal pembelanjaan. Bukalapak perlu memanfaatkan berbagai platform terutama dalam melakukan kegiatan pemasaran, melalui
media elektronik (televisi) dan digital (instagram, tiktok, twitter dan youtube), memanfaatkan media cetak yaitu, membuat spanduk/baliho di jalan besar, membuat postingan dan template
feeds maupun instastory di instagram Bukalapak dengan lebih menarik, berkolaborasi dengan influencer, seperti Raffi Nagita, Fadil Jaidi dan influencer lainnya.