Abstract:
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan memiliki pertumbuhan yang sangat bagus. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan kelas sosial menengah yang terus bertumbuh di Indonesia dan juga terbentuknya perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih sering untuk membeli makanan diluar. Cafe adalah salah satu bisnis kuliner yang pertumbuhannya yang paling pesat oleh karena itu persaingan di dalam bisnis cafe sangat ketat. Divori cafe merupakan salah satu cafe yang menjual minuman dan makanan yang berlokasi di Taman Kopo Indah, Bandung. Dari hasil preliminary research penulis dapat menyimpulkan adanya niat beli ulang yang rendah dari konsumen yang sudah pernah datang dan membeli produk Divori cafe. Penulis mendapatkan Divori cafe memiliki permasalahan dalam dimensi store atmosphere dan harga yang menyebabkan konsumen memiliki niat beli ulang yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menjelaskan secara deskriptif permasalahan pada store atmosphere dan harga dari Divori cafe. Pada studi kepustakaan, penulis menjadikan 6 indikator store atmosphere dan 2 indikator harga sebagai acuan. Penelitian menggunakan angket untuk pengambilan data dengan menyebarkan kepada 120 responden. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menjelaskan secara rinci hasil dari angket mengenai respon responden terhadap tingkat kinerja setiap variabel. Penulis juga menggunakan analisis regresi untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan signifikansi hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan seluruh variabel yang digunakan (store atmosphere dan harga) valid dan reliabel serta berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, penulis dapat memberikan beberapa usulan yang dapat diterapkan oleh Divori cafe untuk dapat meningkatkan niat beli ulang konsumen.