Analisis pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang pada aplikasi Yogya Online

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Yogisaputra, Maura Priscilla
dc.date.accessioned 2023-07-26T02:53:51Z
dc.date.available 2023-07-26T02:53:51Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43097
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15582
dc.description 24791 - FE en_US
dc.description.abstract Saat ini, teknologi mengalami perkembangan yang sangat cepat hingga mampu mendorong berbagai sektor yang ada untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang telah banyak mengadaptasikan teknologi, dan hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah electronic commerce yang ada di Indonesia. Banyak e-commerce bersaing untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, salah satunya yaitu YOGYA Online. Namun, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, penulis menemukan banyak ulasan negatif dari konsumen atas aplikasi YOGYA Online pada Google Play Store & App Store. Berdasarkan hasil preliminary research, 14 dari 16 responden menjawab bahwa mereka memiliki pengalaman yang kurang baik dalam menggunakan YOGYA Online dan 13 dari 16 responden menyatakan hanya pernah mencoba aplikasi sebanyak 1 kali dan tidak menggunakannya kembali. Alasan mereka tidak ingin menggunakan kembali YOGYA Online karena kualitas pelayanan yang belum baik, seperti customer service yang slow response, pengiriman yang lama, kurangnya informasi dari pihak toko, serta aplikasi yang tidak nyaman digunakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh electronic service quality (X) beserta dimensinya (Efficiency, Fulfillment, System Availability, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan Contact) terhadap niat penggunaan ulang (Y) pada aplikasi YOGYA Online. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode cross-sectional serta metode explanatory. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengambilan data sampel menggunakan non-probability sampling yaitu judgment sampling dengan kriteria responden merupakan konsumen yang pernah menggunakan atau bertransaksi melalui aplikasi YOGYA Online setidaknya 1 kali dalam 6 bulan terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 105 responden, yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif, ditemukan bahwa persepsi konsumen atas dimensi efficiency, fulfillment, system availability, dan responsiveness aplikasi YOGYA Online memiliki interpretasi cukup baik sedangkan dimensi privacy, compensation, dan contact memiliki interpretasi baik. Kemudian, ditemukan pula bahwa niat penggunaan ulang konsumen atas aplikasi YOGYA Online berada pada taraf cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa dimensi fulfillment, system availability, responsiveness, compensation, dan contact memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat penggunaan ulang dengan kontribusi sebesar 76,4%. Sedangkan dimensi efficiency dan privacy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat penggunaan ulang pada aplikasi YOGYA Online. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject e-service quality en_US
dc.subject persepsi konsumen en_US
dc.subject niat penggunaan ulang en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.title Analisis pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang pada aplikasi Yogya Online en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801076
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account