Pengaruh electronic service quality terhadap niat penggunaan ulang aplikasi Bukalapak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Rustandi, Stefan Bernaldi
dc.date.accessioned 2023-07-26T02:18:55Z
dc.date.available 2023-07-26T02:18:55Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43093
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15577
dc.description 24787 - FE en_US
dc.description.abstract Situs belanja daring terdiri dari tiga jenis, yaitu online shop, E-commerce, dan juga marketplace. Di dalam aplikasi atau website tersebut konsumen dapat dengan bebas mencari barang-barang sesuai dengan kebutuhannya. Penggunaan platform berupa aplikasi ataupun website ini sangat berkaitan dengan adanya kualitas pelayanan atau service quality, dikarenakan setiap website ataupun aplikasi memiliki kualitas dan jenis pelayanan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Marketplace akan saling berlomba untuk meningkatan kualitas layanannya atau service qualitynya agar semakin banyak konsumen yang berbelanja melalui marketplacenya. Dengan meningkatnya kualitas pelayanan atau service quality maka diharapkan akan meningkatkan niat penggunaan ulang konsumen pada marketplace tersebut. Bukalapak adalah salah satu situs/aplikasi belanja daring yang menawarkan berbagai macam produk mulai dari alat-alat elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, alat-alat olahraga, produk kesehatan dan juga bisa digunakan untuk melakukan beberapa jenis pembayaran seperti pembayaran token listrik, voucher game, voucher pulsa dan lain-lain. Bukalapak sendiri merupakan marketplace asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh electronic service quality terhadap niat penggunaan ulang Aplikasi Bukalapak. Pada penelitian ini digunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data kepada 100 responden dan juga SPSS sebagai alat untuk mengolah data yang telah dikumpulkan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dimensi fulfillment, kompensasi dan kontak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap niat penggunaan ulang Aplikasi Bukalapak. Sedangkan dimensi reliabilitas, efisiensi dan daya tanggap tidak berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan ulang Aplikasi Bukalapak. Jika dilihat dari koefisien korelasi, hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen adalah 45,9 % yang berarti hubungan tersebut memiliki korelasi yang cukup kuat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject electronic service quality en_US
dc.subject niat penggunaan ulang en_US
dc.subject marketplace en_US
dc.subject aplikasi en_US
dc.title Pengaruh electronic service quality terhadap niat penggunaan ulang aplikasi Bukalapak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801069
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account